Sukses

Seputar Bronkitis

18 Jul 2017, 16:18 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok saya ingin bertanya apa saja macam penyakit bronkitis? kebetulan saya mempunyai mertua yg riwayat penyakit positif bronkitis dahulu pernah dirawat inap di RS dgn gejala batuk berdarah,tenggorokan sakit,kambuh jika cuaca dingin,stress,dan makan makanan yg terlalu byk mengandung minyak atau pemanis buatan. 1. Apakah termasuk dlm penyakit bronkitis yg apa dok? 2. Apakah bisa sembuh total? 3. Apakah menular jika sedang tidak kambuh? 4. Perlu penanganan yg bagaimana agar bisa sembuh dok? Saya tunggu balasannya dok,Terimakasih..

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Seputar Bronkitis melalui fitur Tanya Dokter.

Bronkitis merupadakan radang pada saluran nafas atas, tepatnya di bronkus, cabang besar dari trakea (tenggorokan). Bronkitis bilateral artinya peradangan terjadi di kedua cabang bronkus (kiri dan kanan). Penyebab bronkitis umumnya infeksi virus maupun bakteri. Walaupun bisa juga karena alergi. Bronkitis yang terjadi akibat infeksi bisa menular. Gejala utamanya biasanya batuk keras disertai dengan nyeri dada. Demam bisa ada dan bisa tidak.

Untuk memastikan kondisi ini diperlukan pemeriksaan tambahan seperti foto rontgen dada dan pemeriksaan dahak. Kami menyarankan mertua Anda untuk mengunjungi dokter umum atau spesialis penyakit dalam untuk evaluasi lebih lanjut. Untuk sementara hindarilah paparan asap rokok, debu, polusi udara dan zat-zat lain yang bersifat iritan terhadap saluran napas anda untuk mencegah bertambah beratnya gejala yang anda alami.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Seputar Bronkitis. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar