Sukses

Tubuh Mudah Memar

18 Jul 2017, 16:08 WIB
Pria, 24 tahun.

haloo dok, bulan 4 yang lalu muncul memar kecil di beberapa titik badan saya, kemudian saya ke rs ternyata hb saya hanya 6 kemudian saya transfusi darah merah 2 kantong, 5 hari di rs saya boleh pulang, 10 hari dirumah saya kembali lagi masuk rs dan tranfusi lagi 3 kantong, 1 minggu dirs boleh pulang kerumah. 5 hari dirumah saya kembali lagi ke rs dan transfusi 5 kantong, 10 hari di rs saya boleh pulang dan diberikan rujukan ke rs yang lebih mememadai, 10 hari dirumah, sebelum keberangkatan saya chekup hb 10,8 trombosit 23.000, selang 2 hari setiba di rs yang dituju hb menjadi 5,6 dengan trombosit 5.000, dan gejala baru muncul seperti anus mengeluarkan darah perut terasa begah. sudah 15 hari saya di rs ini dok, sampai sekarang saya hanya melakukan transfusi darah merah 7 kantong dan darah putih 2 kantong. pertanyaan saya dok, apakah untuk melakukan pengambilan sum-sum belakang harus keadaan normal semua? karna sampai saat ini dokter dan saya tidak tau ini penyakit apa? mohon penjelasannya dok. terimakasih.

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Tubuh Mudah Memar melalui fitur Tanya Dokter.

Apakah Anda memang mudah berdarah dari dahulu atau baru akhir-akhir ini saja? Adakah riwayat mudah memar tanpa diketahui sebabnya di tubuh Anda? Apakah ada keluarga Anda yang mengalami hal seperti ini juga? Mudah berdarah atau mudah memar menandakan adanya gangguan pada trombosit atau pada faktor koagulas

Sering berdarah atau sering luka memar dapat merupakan gejala dari penyakit ITP (Idiopathic Thrombocytopenic Purpura), hemofilia, penyakit hati kronik, dan gangguan trombosit lainnya. Pengobatan akan disesuaikan dengan penyebabnya.

Namun sayang sekali kami tidak dapat memastikan penyebab dari keluhan yang Anda alami, karena untuk hal tersebut dibutuhkan anamnesis lebih lanjut dan pemeriksaan fisik serta pemeriksaan penunjang yang tepat. Pemeriksaan sumsum tulang belakang bisa dilakukan kapan saja dan tidak menunggu hasil laboratorium Anda normal. Kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan diri lebih lanjut dengan dokter spesialis penyakit dalam konsultan hematologi onkologi medik. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Tubuh Mudah Memar. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar