Sukses

Cara Menghentikan Pendarahan Pada Gusi berdarah

18 Jul 2017, 14:01 WIB
Pria, 20 tahun.

Bagaimana cara perawatan langsung untuk menghentikan pendarahan pada gusi gigi yang terus berdarah, menurut saya penyebabnya kesalahan dalam menggosok gigi terlalu keras .

Terimakasih telah bertanya seputar cara menghentikan pendarahan pada gusi berdarah melalui fitur Tanya Dokter.

Gusi berdarah adalah salah satu tanda peradangan gusi. Tanda lainnya adalah gusi bengkak dan berwarna lebih merah dari jaringan lunak sekitarnya. Peradangan gusi atau yang dalam bahasa kedokteran disebut gingivitis dapat disebabkan oleh beberapa hal.

- Yang utama adalah kebersihan mulut yang buruk, di mana banyak akumulasi plak di permukaan gigi yang menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.
- Gusi juga menjadi mudah berdarah bila di sekitar leher gigi banyak terdapat kalkulus atau karang gigi.
- Adanya perubahan hormonal juga dapat menyebabkan gusi mudah berdarah, namun utamanya terjadi pada wanita, misalnya saat sedang hamil.
- Konsumsi obat-obatan tertentu dapat menyebabkan peradangan gusi, seperti obat anti konvulsan (epilepsi), pain kllers, atau perawatan seperti kemo atau radioterapi.
- Trauma atau cedera, misalnya penggunaan tusuk gigi yang berlebihan.
- Defisiensi/kekurangan zat gizi tertentu seperti vitamin K dan C.
- Penyakit sistemik, seperti penyakit liver, ginjal, atau diabetes dapat bermanifestasi dalam rongga mulut dalam bentuk gusi berdarah.
- Untuk mengetahui secara pasti penyebab keluhan yang dirasakan, Kami sarankan agar Anda berkonsultasi ke dokter gigi. Bila benar penyebabnya adalah karang gigi maka perlu dibersihkan agar tidak membahayakan kesehatan jaringan pendukung gigi serta gigi itu sendiri. Setelah itu anda bisa berkumur larutan kumur yang mengandung Chlorhexidine, 2 kali sehari selama 1 minggu untuk menyembuhan peradangan gusinya.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai cara menghentikan pendarahan pada gusi berdarah, semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar