Sukses

Perawatan Gigi Pada Pasien Yang Sensitif

18 Jul 2017, 13:28 WIB
Pria, 26 tahun.

melanjutkan pertanyaan sebelumnya dok, apakah hasil panoramik tahun oktober 2016 masih bisa di pake sebagai acuan pemeriksaan untuk operasi gigi graham ? - Apakah ada resiko yang berbeda jika bius total dan lokal? karena kalau bius total dokternya menyarankan untuk diambil 8 gigi. namun dokter yang satunya dulu menyarankan untuk yg penting operasi pengangkatan akar gigi dulu. - dan kadang saya agak sensitif karena gugup atau gimana, jadi kalau berishin karang gigi saya ada rasa mual, apakah hal ini tidak apa2 dok? kalau saya mau operasi gigi bungsu ? - dan gusi yang terbuka ini akibat adanya pertumbuhan gusi baru ? (apakah hal ini berbahaya? apakah bisa menyebabkan kemmatian? trims mohon informasinya dok.

Terimakasih telah bertanya seputar perawatan gigi pada pasien yang sensitif melalui fitur Tanya Dokter.

Hasil rontgen panoramik bulan Oktober 2016, sudah tidak valid untuk dijadikan sebagai acuan untuk operasi geraham. Kami sarankan untuk foto rontgen lagi sekaligus untuk melihat keadaan sisa akar gigi depannya.

Pencabutan gigi merupakan tindakan medis yang tanpa pengaruh negatif atau efek samping, selama tindakan tersebut dilakukan berdasarkan prosedur standar yang sesuai. Rasa sakit pasca pencabutan adalah hal yang normal selama rasa sakit tersebut tidak terasa begitu hebat dan dapat diatasi dengan obat pereda nyeri. Apabila terjadi efek samping yang tidak diinginkan pada saat pencabutan seperti perdarahan, syok,pusing, pingsan dan mual terjadi pada kondisi tertentu saja, seperti pada pasien dengan riwayat darah tinggi dimana saat pencabutan darahnya tidak terkontrol dan pada pasien dengan kecemasan berlebihan.

Jika anda merasa gugup dan masih cemas, maka kami sarankan untuk mengangkat gigi sisa akar terlebih dahulu. Pada tindakan ini hanya diperlukan anastesi lokal atau bius lokal, dan bius total atau anastesi umum bukan merupakan suatu indikasi dari tindakan pencabutan gigi biasa sehingga tidak perlu dilakukan. Setelah pencabutan sisa akar gigi berhasil dengan baik, baru direncanakan lagi perawatan yang lebih besar lagi. Pembersihan karang gigi maupun operasi gigi bungsu pada pasien yang sensitif masih dapat dilakukan asalkan pasien dan dokter gigi mengerti tehniknya dan sabar, kooperatif dalam melakukan perawatan tersebut. Pertumbuhan gusi bisa berpotensi untuk menyebabkan infeksi yang lebih berat. Tentu saja infeksi apapun yang berat dan tidak dirawat di dalam tubuh beresiko untuk menyebabkan kematian.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai perawatan gigi pada pasien yang sensitif, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar