Sukses

Selaput Dara Tidak Berlubang, Boleh Ditusuk?

18 Jul 2017, 12:36 WIB
Wanita, 20 tahun.

assalamu'alaikum dok saya punya masalah sekitar 5th lalu saya belum haid trus di vagina saya ada benjolan gede sekali dan itu rsanya sakit.. setelh beberapa lama karena tidak tahan saya baru sadar bahwa itu adalah darah haid yang tdk keluar dan saya baru sadar artinya saya tdk memiliki lubang untuk haid,, karena teramat sakit dan rs tidak menanggapi akhirny saya tusuk pake jarum benjolan trsbt dan akhirnya semua darah keluar dan sampai sekarng saya haid lagi seperti biasa, dok apakah itu berbhaya dn apakah saya masih perawan, dan bagaimana dok kalo lubang haidny jadi di pinggir ke arah bibir vagina ?? terimakasih

Terima kasih telah bertanya seputar selaput dara tidak berlubang melalui fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kondisi dimana tidak terdapat lubang pada selaput dara disebut dengan hymen imperforata. Hymen Imperforata  suatu kelainan yang ringan dan yang cukup sering dijumpai.

Kondisi ini pada umumnya baru diketahui ketika wanita telah memasuki waktu menarche (menstruasi pertama), dimana pada usia tersebut darah menstruasi tidak keluar. Darah itu terkumpul di dalam vagina dan menyebabkan hymen tampak kebiru-biruan dan menonjol keluar Hematokolpos).Bila keadaan ini dibiarkan, maka uterus akan terisi juga dengan darah haid dan akan membesar (Hematometra).

Tindakan utama untuk kasus hymen imperforata adalah operasi, namanya hymenotomy. Penusukan penggunaan jarum yang Anda lakukan tentu memiliki risiko. Saat darah tertampung, kumpulan darah tersebut bersifat steril. Penusukan yang Anda lakukan bisa mengakibatkan masuknya bakteri sehingga terjadi infeksi pada organ reproduksi. 

Anda tetap harus mendapatkan penanganan dari dokter spesialis kebidanan dan kandungan, karena lubang yang definitif harus dibuatkan. Bila kondisi dibiarkan seperti saat ini maka mungkin saja lubang akan menutup lagi. Perawan atau tidak dalam kasus Anda bukanlah suatu hal yang jadi permasalahan utama. Berdiskusilah lebih jauh dengan dokter Anda

Demikian informasi mengenai selaput dara tidak berlubang, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar