Sukses

Obat Selama Kehamilan

17 Jul 2017, 21:26 WIB
Wanita, 24 tahun.

Satu minggu yg lalu saya masuk rs karena pingsan dan saya diambil darah untuk dicek ternyata saya tifus dan dirawat inap selama 5 hari ..saya tidak tahu kalau saat itu saya hamil krna masih kecil dan saya jg sakit sakitan ..tetapi setelah keluar dari rs saya baru sadar haid telat dan hamil .bahaya tidak obat obatan yg diberikan kepada saya seperi infusan rl , paracetamol , suntikan mual muntah dan antibiotik ..dan kenapa pihak rs tidak memberitahu bahwa saya hamil sebab saya cek darah atau mereka tau jdi memberi obat obatan itu ..bahayakah untuk janin saya

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.
Tanda-tanda kehamilan terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti. Kami tidak dapat memberikan profil keamanan obat tanpa nama jelas obat yang Anda minum, karena terdapat banyak antibiotik untuk tifus. Apakah jenis antibiotik yang diberikan?

Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain adalah:

sering berkemih
pembesaran dan nyeri payudara
mual
perasaan lelah
daerah sekitar puting susu menghitam
peningkatan suhu tubuh
flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding rahim
Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah:

terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan
terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi
terlihat gambaran janin pada USG atau scanning
Umumnya, keterlambatan menstruasi merupakan tanda yang paling mudah dijadikan pegangan. Jika hubungan intim dilakukan pada masa subur, ada/tidaknya keterlambatan menstruasi baru dapat dilihat 2 minggu kemudian. Jika memang terlambat lebih dari 1 minggu dari waktu seharusnya, ada kemungkinan sudah terjadi pembuahan. Karena itu bisa dilakukan pemeriksaan kehamilan dengan test pack.


Pemeriksaan test pack didasarkan pada cara kerja mendeteksi marker kimiawi dalam tubuh, yang disebut human chorionic gonadotropin (hCG). Tidak dipengaruhi oleh waktu pemeriksaan (pagi/siang/sore/malam). Test pack dapat mendeteksi kehamilan dengan tingkat keakuratan mencapai 99%. Bahkan garis tipis saja sudah menunjukkan hasil yang positif. Namun, masih mungkin terjadi hasil negatif ataupun positif palsu.


Beberapa penyebab terjadinya hasil negatif palsu adalah akibat kesalahan teknik pemeriksaan, terlalu lama mencelupkan strip, atau apabila kadar hormon B-hCG dalam urin belum mencukupi. Masih ada kemungkinan muncul hasil yang negatif akibat masih rendahnya kadar hormon yang ada. Dalam keadaan tersebut, ulang pemeriksaan 1 - 2 minggu kemudian, atau langsung melakukan pemeriksaan kadar hormon B-hCG dalam darah untuk hasil yang lebih akurat, jika memang masih belum menstruasi.


Kehamilan dapat diperiksa dengan test pack 1 hari setelah haid terlambat, meskipun terkadang masih mungkin belum dapat terdeteksi karena kadar hormon kehamilan yang diperiksakan masih rendah. Bila hasilnya agak meragukan (belum terdeteksi), Anda dapat mencoba test pack ulang minggu depan atau 2 minggu lagi, bila haid tidak juga datang.


Kami menganjurkan agar Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk dilakukan pemeriksaan fisik lebih lanjut serta pemeriksaan penunjang.

Demikian Informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar