Sukses

Kulit Payudara Terasa Kering dan Gatal

17 Jul 2017, 19:34 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok saya remaja usia 20th, mau bertanya. Payudara saya tepatnya di daera areola (yang coklat) itu gatal kemudian saya garuk lalu menyebabkan kering dan bersisik. Awallnya di bgian payudara kanan saya. Awalnya gatalnya hanya sedikit, lama lama saya garuk kemudian semuanya bgian aerola teasa gatal. Misalnya setelah gatalnya hilang laku saya sentuh payudara saya, gatal itu kembali muncul. Lalu kemudian payudara sebelah kiri saya juga merasakan hal yang sama, gatal dan jika digaruk jadi bersisik. Saya menggunakan bra yang cukup ketat setiap harinya. Tetapi saya tidak merasa nyeri dan saya coba meraba tidak ada benjolan. Saya sudah coba kasih salep kulit seperti Fluocort N , baby oil, minyak kayu putih tapi tidak kunjung sembuh. Jika memang dianjurkan memakai pelembab kira kira pelembab merk apa dok ? Kira kira saya kenapa ya dok ? Saya takut kalau ini gejala kanker payudara. Mohon penjelasannya dok. Terimakasih

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar kulit payudara kulit dan gatal melalui fitur Tanya Dokter

 Keluhan yang Anda rasakan berupa gatal pada puting payudara dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti: iritasi (akibat pakaian dalam, gesekan), alergi, hingga infeksi, dll. Kami menduga gatal tersebut kemungkinan timbul akibat iritasi dari pakaian dalam yang Anda kenakan.

Untuk itu, Anda dapat mencoba:

  • Menjaga kebersihan dan kekeringan pakaian Anda (termasuk pakaian dalam).
  • Jangan mengenakan pakaian yang terlalu ketat dan berbahan kasar karena akan semakin mengiritasi puting payudara Anda bila bergesekan.
  • Hindari tindakan menggaruk yang hanya dapat menambah iritasi puting payudara Anda.
  • Cobalah menggunakan krim pelembab di sekitar puting Anda.

Bila setelah melakukan tips-tips tersebut keluhan tidak mengalami perbaikan, kami sarankan Anda untuk segera berkonsultasi dengan dokter umum atau dokter spesialis kulit dan kelamin untuk pemeriksaan fisik mendetil dan tatalaksana yang lebih optimal.


Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar kulit payudara kulit dan gatal , Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar