Sukses

Keluhan Pusing dan Lainnya

17 Jul 2017, 16:05 WIB
Wanita, 19 tahun.

Malem dong Saya mau mengajukan beberapa pertanya.. 1. Saya sering pusing apalagi ketika tidur terlalu lama , rambut saya juga sering rontok ketika mimisan/pusing tak kunjung sembuh dalam beberapa hari lamanya 2.tulang rahang dagu saya kalo di pegang atau di urut-urut terasa sakit sudah hampir seminggu . 3.pernafasan saya sering lambat/sesak, apalgi di bagian ulu hati saya dok.. Trus saya juga sering mengalami lendir di bagian kelenjar ludah saya yang membuat saya susah untuk bernafas dari hidung.

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai pusing melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Rasa pusing yang Anda rasakan dapat diakibatkan karena perubahan posisi yang drastis (tiba - tiba). Kami menyarankan Anda untuk tidak langsung melakukan aktifitas pada saat bangun tidur, seperti memeriksa ponsel ataupun langsung berdiri setelah bangun tidur. Mudah mudahan hal sederhana ini dapat mengurangi keluhan yang Anda rasakan.

Keluhan Anda bersifat sangat umum dan dapat diakibatkan oleh banyak hal. Dapat karena asupan makanan yang kurang atau terlambat makan, aktivitas berlebihan, olahraga yang kurang, kurang istirahat atau jam tidur tidak mencukupi, kondisi infeksi, anemia, gangguan hormon, ataupun tekanan darah rendah. Perlu diketahui penyebabnya terlebih dahulu baru dapat mengetahui apa yang harus dilakukan. Kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi ke dokter di puskesmas terdekat untuk diperiksa lebih jauh.

Namun ada beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi kadar keluhan yang ada:

Tips Sederhana Mencegah Pusing Saat Bangun Tidur
Sementara itu, Anda dapat mencoba istirahat yang cukup, makan teratur dengan menu gizi seimbang, banyak minum air putih, dan berolahraga teratur (minimal 3x per minggu).
Keluhan sakit kepala Anda juga dapat disebabkan karena kurang darah. Kami sertakan artikel untuk menambah informasi Anda: Sering Lemas? Waspadai Kurang Darah.

Apabila hasil pemeriksaan kesehatan Anda normal, maka mungkin penyebabnya adalah karena Anda belum menjalani pola hidup sehat. Jalani pola hidup sehat dengan melakukan hal-hal di bawah ini:

Makan secara teratur, dengan frekuensi sering dan porsi kecil-kecil
Jangan langsung tidur setelah makan malam
Hindari rokok dan alkohol serta minuman bersoda lainnya
Hindari stres
Tidur cukup 7-8 jam/hari
Olahraga teratur, minimal 3x/minggu masing-masing selama 30 menit.

 

Keluhan Anda yang lain terkait dengan nyeri uli hati bisa disebabkan oleh gangguan maag. Dimana asam lambung meningkat bisa menyebabkan keluhan nyeri perut ulu hati dan sensasi sesak nafas. Penyakit maag adalah ganguan pada lambung dimana terjadi peningkatan asam lambung. Maag itu sebenarnya dapat disebabkan oleh banyak hal seperti infeksi kuman H.Pylori, stres, sering telat makan dsb. Nah penyebab-penyebab itu dapat menyebabkan ulkus (luka pada lambung) yang dapat menyebabkan gangguan pada dinding lambung yang lama.

Untuk mengatasi maag yang Anda dapat lakukan adalah :

Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)

Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh.

Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari

Jangan terlambat makan (bawa bekal bila memang sulit untuk makan saat kerja)

Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog)

Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu.

Awalnya, Anda dapat mengonsumsi obat anti asam lambung yang berisikan antasid untuk meredakan gejala. Antasid merupakan obat untuk menurunkan asam lambung yang bekerja dengan cepat. Antasid biasanya digunakan sebagai terapi akut (saat gejala sedang muncul). Untuk terapi rumatan/maintenance dapat diberikan obat golongan PPIs seperti omeprazole atau lansoprazole. Jika dengan perubahan pola makan dan minum obat bebas tersebut, keluhan tidak berkurang, sebaiknya Anda berkonsultasi secara langsung dengan dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui apakah terdapat luka pada lambung Anda.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai pusing. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar