Sukses

Gangguan Menelan

17 Jul 2017, 15:43 WIB
Pria, 48 tahun.

selamat mlm dok, mohon bantuan infonya dok, ayah saya usia 48thn. jadi kronologisnya gni dok, ketika sedang makan & baru satu suap beliau merasa makannya tidak trun sempurna melainkan terasa mengganjal didada, krna merasa seperti itu akhirnya beliau langsung ambil air putih&meminumnya,tapi kemasukan air putih tidak membuatny lebih baik malah menambah dadanya sakit & sesak sulit nafas, beliau menekan dadanya,membungkuk kesakitan sesekali beliau pukul pukul dadanya sambil tarik nafas panjang dari hidung disambung menggunakan mulut juga karna terasa makin tidak bisa nafas. beliau minta untuk di pukul pukul pundak belakangnya. mungkin maksudny supaya makanan yg mengganjal tadi bisa turun/atau justru mengeluarkannya melalui muntah. ini kali kedua kambuh seperti itu, pertama kambuh sekitar 6 bln yg lalu. waktu kambuh pertama kali pergi kedokter dan dibilang itu asam lambung. sudah di rontgen dan hasilnya bagus. apa yg kita harus lakukan untuk pertolongan pertama kalau lagi kambuh seperti itu dok ): terimakasih dok sebelumnya

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan keterangan Anda mungkin Ayah Anda mengalami gangguan menelan. Gangguan menelan dapat menyebabkan makanan dan minuman yang seharusnya masuk ke lambung jadi masuk ke paru-paru. Coba konsultasikan masalah ini dengan dokter saraf atau dokter rehabilitasi medik untuk penanganan selanjutnya.

Disfagia tidak dapat dicegah, Anda tetap dapat mengurangi risikonya. Caranya adalah dengan makan perlahan-lahan dan mengunyah makanan dengan baik.
Jika gangguan ini terjadi di rumah, hal-hal yang dapat Anda lakukan sebagai penanganan awal adalah:

Mengubah cara makan. Cobalah makan dalam porsi kecil tetapi sering. Potong makanan menjadi kecil-kecil dan makan dengan lebih perlahan.
Mencoba makanan dengan berbagai tekstur. Hal ini untuk melihat makanan apa yang menyebabkan kesulitan menelan. Pada sebagian orang, minuman seperti kopi dan jus dapat menjadi masalah. Makanan kental atau lengket seperti krim kacang atau karamel juga dapat sulit ditelan.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat,

Salam sehat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar