Sukses

Setelah Cabut Gigi Bungsu, Mulut Baal Kebas

17 Jul 2017, 14:43 WIB
Wanita, 21 tahun.

Saya mau tanya dok saya kan habis cabut gigi geraham yang dibelakang , nah kalo misalnya cabut gigi yang dibelakangnya itu efek kebasnya sampe berapa lama ya? Soalnya kok mulut saya jadi kayak sakit bells pallsy? Soalnya kta dokter yang cabut paling lama 1-2 kok ini mulut saya malah kayak sakit bells pallsy ya?

Terimakasih telah bertanya seputar setelah cabut gigi bungsu, mulut baal kebas melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelum menjawab pertanyaan anda kami akan menjelaskan tentang Operasi pengangkatan molar tiga (yang dalam bahasa kedokteran disebut odontektomi). Setelah Odontektomi memang ada beberapa hal yang hampir pasti terjadi pada kebanyakan orang, seperti pembengkakan pada pipi, darah yang masih merembes setelah beberapa jam dan rasa sakit setelah efek obat bius telah hilang. Hal tersebut adalah sesuatu yang normal, dan pembengkakan pada pipi adalah bagian dari proses peradangan yang merupakan mekanisme tubuh pada proses pemulihan.

Namun selain itu, ada juga kemungkinan untuk terjadi komplikasi lain tapi belum tentu terjadi pada setiap pasien. Salah satunya adalah terjadinya cedera atau kerusakan syaraf, yang dapat terjadi saat penyuntikan obat bius atau pada saat pengangkatan gigi. Anatomi gigi yang tidak normal (seperti akar gigi yang menyebar atau melengkung) dan posisi gigi yang terbenam jauh didalam tulang juga dapat berpotensi menyebabkan terjadinya komplikasi ini.

Seperti yang dapat Anda lihat pada gambar diatas, gigi bawah dipersyarafi oleh syaraf mandibular yang bercabang dan letaknya sangat dekat di bawah gigi molar (geraham) bawah. Syaraf lingual (lingual nerve) mempersyarafi sensasi pada separuh lidah bagian kanan dan kiri serta gusi yang menghadap lidah. Sedangkan syaraf alveolar inferior (inferior alveolar nerve) mempersyarafi gigi belakang pada rahang bawah, serta sensasi pada pipi dan bibir bawah.

Pada saat gigi sedang akan dikeluarkan, bisa saja terjadi trauma pada syaraf tersebut atau bahkan terputus sehingga efeknya akan terasa baal pada lidah dan bibir, terkadang disertai rasa sakit. Kondisi ini disebut parasthesia, yang sifatnya hanya sementara namun ada juga laporan kasus yang menyebutkan kondisi ini terjadi secara permanen. Proses pemulihan dari sel syaraf relatif lebih lambat jadi membutuhkan waktu yang cukup lama untuk kembali seperti semula, sekitar 3 hingga 6 bulan.

Dalam waktu seminggu paska pencabutan proses peradangan masih terjadi, sehingga bengkak yang terjadi pada pipi dan sekitarnya mungkin masih menekan syaraf. Untuk membantu mempercepat pemulihan, Anda dapat mengkonsumsi vitamin neurotropik yang dapat Anda beli di apotik, gunakan sesuai dosis yang tertera dalam kemasan. Bila Anda masih merasa kurang nyaman, ada baiknya Anda kembali lagi ke dokter gigi yang melakukan pencabutan gigi Anda untuk berkonsultasi secara langsung dan bila ada kelainan dapat terdeteksi secara dini. 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai setelah cabut gigi bungsu, mulut baal kebas, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar