Sukses

Ingin Operasi Gigi Bungsu Satu Persatu Dengan Bius Lokal

17 Jul 2017, 14:32 WIB
Pria, 26 tahun.

Dok, sekitar setahun lalu saya periksa gigi, lalu darisana saya dirujuk rontgen panoramik, karena mau pasang behel. Dari panoramik yang terlihat ternyata ada gigi tidur dikedua sisi. si gigi tidur ini sudah merusak 1 gigi disebelahnya, mahkotanya copot tapi akarnya tidak. tidak ada rasa sakit tapi setelah beberapa hari belakang ini saya perhatikan gusi yang sisa akar itu kok jadi kyk terbuka begitu. tadinya saya mau operasi dengan BPJS tapi harus bius total. saya merasa takut dok. sya mau bayar aja operasinya di klinik gitu apa bisa dok ga bius total? - Apakah bisa dengan bius lokal, 1 gigi 1 gigi gitu dok? - Ada ga efek buruk dari operasi itu? - gusi yang terbuka ini kenapa ya kira2 dok,, ? tadinya malah akar gigi sedikit keliatan , sekarang malah ga keliatan dan malah gusinya terbuka gitu. saya berniat dan baru ada waktu untuk ke dokter akhir bulan ini, tapi saya jadi stres dok ngeliat gusi saya begini. mohon untuk penjelasannya dok, trims

Terimakasih telah bertanya seputar ingin operasi gigi bungsu satu persatu dengan bius lokal melalui fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan keterangan yang Anda sampaikan, Anda menanyakan apakah operasi pencabutan gigi geraham bungsu tersebut bisa dilakukan bertahap 1 gigi dahulu dengan anestesi lokal di klinik, jawabannya adalah bisa. Semua rencana perawatan gigi dapat disesuaikan dengan keinginan, kebutuhan serta kondisi pasien dalam jangka waktu yang diinginkan. Yang didahulukan dalam rencana perawatan adalah gigi yang saat ini menjadi keluhan utama. Lakukan perawatan pada gigi tersebut sampai tuntas, dan jangan setengah-setengah, diskusikan dengan dokter gigi anda mengenai kondisi gigi tersebut apakah gigi tersebut lebih baik dicabut dengan operasi kecil atau bisa dengan pencabutan biasa. Setelah itu berilah jeda waktu biasanya 1 bulan untuk memulai perawatan gigi berikutnya. Lakukan seterusnya sampai semua gigi yang memerlukan perawatan sembuh. Jika perawatan tidak sampai tuntas, maka akan timbul lagi kemungkinan efek samping buruk.

Sebenarnya operasi gigi bungsu ini termasuk kategori operasi kecil(minor) hanya sebutannya saja yang terdengar menakutkan, tapi prosedur tindakannya sendiri tidak terlalu rumit. Tindakan Odontektomi kini dapat diukur tingkat kesulitannya dengan rontgen Panoramic, oleh karena itu operator sudah dapat memprediksi hasil dan kemungkinan-kemungkinan akan tindakan tersebut.

Gusi anda terlihat terbuka sebenarnya telah terjadi pertumbuhan gusi yang makin lama makin menutupi sisa akar, yang disebut Gingival Polip. Gingival polip bisa diangkat sekaligus saat mencabut gigi bungsu dan sisa akar gigi gerahan didepannya.

Kami sarankan jika anda ingin melakukan operasi di klinik, maka sebelumnya wajib berkonsultasi dengan dokter di klinik tersebut. Segera jadwalkan dalam akhir bulan ini agar keadaan anda tidak semakin parah. 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai ingin operasi gigi bungsu satu persatu dengan bius lokal, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar