Sukses

Penggunaan Kacamata Minus Menambah Minus?

17 Jul 2017, 13:59 WIB
Wanita, 13 tahun.

Dok,Nama saya Sukma.saya Seorang pelajar. Saya Mengalami mats Minus,Dan harus memakai kacamata dgn Minus 1,5. Kata tmn2 Jgn memakai kacamat Terlalu krna dpt menyebabkan Minusnya bertambah..saya Mengikutinya,Tetapi setelah 6 Bulan Saya Periksa Lagi,Trnyata minus sya brtambah Menjadi 2. Tapi saya Rasa,Penglihatan saya Berkurang. Brgaimna ini dok?

Terima kasih telah menggunakan fitur tanya dokter mengenai kacamata minus.

Terkait dengan pernyataan Anda bahwa dengan memakai kacamata akan menambah minus tidak benar adanya. Perlu diketahui bahwa pemakaian kaca mata minus bukan untuk mengobati minus seseorang. Pemakaian kaca mata minus berguna untuk membantu penglihatan orang bersangkutan sehingga penglihatannya yang kabur dapat dibantu dengan lensa tambahan dan penglihatannya menjadi lebih jelas. Pada saat mengalami rabun jauh dan tidak mendapatkan koreksi dengan lensa kaca mata, mata akan melakukan akomodasi secara paksa, yaitu otot mata Anda dengan paksaan akan mengatur fokus mata Anda agar terlihat jelas, hal ini yang menjadi faktor mata lelah sehingga minus mata bertambah.

Untuk mencegah penambahan minus, sebaiknya pasien juga menjalani gaya hidup sehat bagi mata, seperti mengatur jarak baca 40 - 45 cm dengan cahaya yang cukup, mengistirahatkan mata setiap kali melakukan kegiatan membaca buku atau menggunakan komputer, serta makan makanan yang banyak mengandung vitamin A. Sebaiknya selalu gunakan kacatama agar minus tidak bertambah.

Sedangkan satu-satunya cara untuk mengurangi minus dengan tindakan medis adalah dengan melakukan pembedahan pada kornea mata, yaitu dengan keratotomi radial, keratotomi fotorefraktif, atau Laser Asissted In situ Interlamelar Keratomilieusis (LASIK). Cara tradisional yang memberikan solusi mata sehat dalam 30 menit sampai saat ini belum dapat dibuktikan secara uji klinis dalam medis.

Mata minus selain dipengaruhi oleh faktor genetik bentuk bola mata juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan seperti yang telah dipaparkan di atas. Kecepatan terjadinya minus juga dipengaruhi oleh kebiasaan sehari-hari.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai kacamata minus. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar