Sukses

Nyeri Luka Operasi Ambeien

17 Jul 2017, 10:56 WIB
Wanita, 21 tahun.

Knp ko sehabis operasi ambeyen . Sakit nya lebih parah dr sebelum operasi y . Jln pun sakit duduk pun ga bisa . Mohon solusi nya

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Untuk mengetahui tindakan yang tepat mengenai nyeri pasca operasi wasir yang Anda perlukan diperlukan pemeriksaan fisik, sehingga kami sarankan Anda untuk berkonsultasi ulang dengan dokter spesialis bedah yang menangani Anda dan akan dievaluasi kembali luka operasinya, apakah terdapat infeksi dan sebagainya. Untuk mendukung proses penyembuhan luka operasi, Anda perlu memperhatikan kebersihan luka operasi agar tidak mengalami infeksi, membatasi aktivitas (tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat) dan juga memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang. Asupan protein, vitamin A dan vitamin C yang baik dapat membantu proses penyembuhan luka. Penyembuhan jaringan akan berlangsung antara 4-6 minggu. Namun tentunya hal ini sebaiknya dinilai oleh dokter bedah yang mengoperasi Anda.

Yang perlu dilakukan terlebih dahulu adalah perubahan gaya hidup. Wasir dapat terjadi berulang jika gaya hidup Anda tidak diperbaiki. Yang dimaksud disini dengan perubahan gaya hidup diantaranya adalah minum banyak air (8 gelas/hari), makan makanan yang mengandung banyak serat, hindari konsumsi gula yang terlalu banyak, apabila ingin konsumsi daging hewan , konsumsilah ikan, hindari konsumsi alkohol, lakukan olahraga, mengurangi mengedan dan jangan menunda BAB. Mengenai makanan, nasi boleh dikonsumsi namun harus dibatasi, makanan yang sebaiknya dihindari adalah makanan yang tidak mengandung serat. Penyembuhan sempurna dari wasir adalah dengan melakukan terapi operatif dan perubahan gaya hidup. Tindakan operasi saja tanpa disertai perubahan gaya hidup tidak akan bermakna. Wasir dapat kembali kambuh apabila pola hidup Anda tidak diubah menjadi lebih sehat. Untuk sementara Anda dapat minum anti nyeri terlebih dahulu (seperti asam mefenamat).

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar