Sukses

Benjolan Bernanah di Anus

16 Jul 2017, 14:51 WIB
Pria, 24 tahun.

Halo dok , saya sedang mengalami sakit di bagian anus. Awalnya hanya seperti ambeien , dan saya pergi ke klinik dan dokter bilang ini ambeien , saya beli obat dengan resep dokter yaitu salep ambeien. Namun tidak ads hasil dan semakin parah. Luka menjadi seperti jamur dan meluas. Tidak hanya benjolan dan sekarang seperti borok dan kadang bernanah. Saya menderita sakit ini terhitung 2 bulan. Dan susah buang air besar. Mohon berkenan untuk menjawab pertanyaan saya. Trims

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah bertanya tentang benjolan bernanah di anus menggunakan fitur Tanya dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sayangnya informasi yang diberikan masih sangat terbatas, namun kami menduga bahwa hal tersebut merupakan suatu abses perianal (abses di daerah sekitar anus). Abses adalah rongga abnormal pada bagian tubuh tertentu yang berisi nanah akibat infeksi. Pada beberapa orang bahkan terjadi abses berulang. Prinsip terapinya adalah dengan mengalirkan nanah tersebut, namun tidak jarang juga terbentuk sebuah saluran permanen yang menghubungkan anus, atau rongga abses ke kulit (mencapai 50% pasien dengan abses).

Bila telah terjadi saluran permanen ini (biasa juga disebut fistel), maka biasanya nanah yang keluar tidak kunjung berhenti. Sebaiknya Anda mengunjungi dokter secara langsung agar dilakukan pemeriksaan yang menyeluruh dan lengkap.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar