Sukses

Mengetahui Usia Kehamilan

16 Jul 2017, 22:52 WIB
Wanita, 28 tahun.

Sy last period pada 11.5.2017, sekiranya saya hamil,berpa usia kandungan sya? Gejala hamil sperti pening,mual,kemaluan gatal,makan nak muntah,sensitif pada bau bauan kerap kencing,sembelit.. Setiap pagi perut bhgian bawah akan mngeras,rsa xselesa pada pinggang,.... Kalo ikut last period brpakah usia kandungan sya jika sya hamil? Tq doc

Terima kasih telah bertanya seputar mengetahui usia kehamilan melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Terdapat beberapa cara untuk mengetahui usia kehamilan, salah satunya adalah dengan melakukan perhitungan menurut HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir). Banyak sekali faktor yang mempengaruhi perhitungan kehamilan menurut HPHT. Perhitungan kehamilan menurut HPHT hanya dapat dipercaya apabila sang wanita hamil memiliki siklus menstruasi teratur (minimal 6 siklus terakhir) dan normal yaitu selama 21-35 hari. Apabila siklus menstruasi Anda tidak teratur maka perhitungan ini tidak valid.

Apakah tanggal menstruasi terakhir yang Anda sebutkan adalah hari pertama haid terakhir Anda? Apakah siklus menstruasi rata-rata Anda adalah 28 hari? Bila Anda menjawab ya pada 2 pertanyaan tersebut, maka berdasarkan perhitungan HPHT, usia kandungan Anda sudah memasuki umur 9 minggu.

Lazim adanya apabila metode perkiraan usia kehamilan dengan perhitungan hari pertama menstruasi terakhir tidak terlalu dapat diandalkan akurasinya dibandingkan dengan perhitungan dengan pemeriksaan ultrasonografi (USG). Oleh karena itu kami sarankan Anda melakukan pemeriksaan secara langsung dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan dapat dilihat kondisi janin Anda jika memang terbukti terjadi kehamilan.

Apakah Anda sudah memastikan bahwa yang Anda alami adalah kehamilan? Tanda-tanda kehamilan yang Anda sebutkan adalah tanda-tanda kehamilan subjektif yang dirasakan oleh ibu hamil. Sedangkan tanda kehamilan bukan hanya poin-poin tersebut saja. Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain adalah:

  • sering berkemih
  • pembesaran dan nyeri payudara
  • mual
  • perasaan lelah
  • daerah sekitar puting susu menghitam
  • peningkatan suhu tubuh
  • flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding Rahim
  • Keluarnya perdarahan kecil atau flek-flek kecoklatan dalam waktu singkat karena proses penempelan calon bayi pada dinding rahim biasanya hanya terjadi dalam 1 hari saja.

Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah:

  • terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan
  • terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi
  • terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

Untuk memastikan apakah terjadi kehamilan pada diri Anda perlu dilakukan pemeriksaan pasti karena gejala-gejala lainnya hanya merupakan pertanda tidak pasti. Kami sarankan jika Anda terlambat haid lebih dari 2-3 minggu sebaiknya memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan jika memang tidak ingin menggunakan testpack terlebih dahulu.

Testpack dapat mendeteksi kehamilan dengan tingkat keakuratan mencapai 99%. Bahkan garis tipis saja sudah menunjukkan hasil yang positif. Namun, testpack juga dapat menunjukkan hasil negatif palsu (hasilnya negatif, namun terdapat kehamilan) ataupun positif palsu (hasilnya positif, namun tidak disertai kehamilan). Untuk mengkonfirmasi hasil pemeriksaan itu, diperlukan konfirmasi USG.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai mengetahui usia kehamilan. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar