Sukses

Mual Setelah Mengonsumsi Nanas

16 Jul 2017, 21:45 WIB
Wanita, 25 tahun.

Pagi dok .. sy mau mengajukan pertanyaan . Kemarin sy baru makan 3buah nanas yg dicampur gula berturut2 . Kenapa setelah itu sy merasakan mual rasanya pengen muntah ?

Terima kasih telah bertanya seputar mual setelah makan nanas menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Keluhan Anda ini memang sangat mungkin diakibatkan oleh maag, namun hal ini perlu dipastikan lagi dengan menyingkirkan kemungkinan diagnosis yang lain. Gejala sakit maag itu bervariasi, beberapa gejala sakit maag adalah nyeri pada perut (ulu hati, perut kiri atau tengah dapat menyebar ke dada atau ke punggung), mual, muntah, nyeri kepala (kepala berputar atau nyeri kepala seperti melayang), hingga lemas, sulit makan, penurunan berat badan.

Untuk mengatasi maag yang Anda dapat lakukan adalah:

  • Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)
  • Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh.
  • Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari
  • Jangan terlambat makan
  • Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog)
  • Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu.

Mengingat keterbatasan kami dalam melakukan pemeriksaan fisik, akan lebih baik jika Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam sehingga dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan juga dapat dilakukan pemeriksaan penunjang seperti endoscopy. Jika Anda tahu setiap makan nanas perut terasa panas, maka sebaiknya hindari konsumsi nanas.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar