Sukses

Pakai Behel Tapi Gigi Geraham Dicabut Karena Rusak

16 Jul 2017, 21:17 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok mau nanya dong kan aku udah pasang behel tapi sebelum pasang behel emang gigi geraham ke 2 atas bawah aku sebelah kiri udah di cabut dgn alasan cabut wktu itu udh lubang parah, tapi pas pasang behelnya aku bingung kok gigi geraham kanan atas bawah gk di cabut, gk disamain sama yg kiri, terus gimana giginya mau mundur kalo cuma bagian kiri yg ada ruang kosong, apa gpp dok? Apa hasil pasang behelnya bakal jadi sesuai rencana, yaitu gigi gingsul dan gigi maju bakal rapi... Bantu jawab ya dok, makasih, gbu..

Terimakasih telah bertanya seputar pakai behel tapi gigi geraham dicabut karena rusak melalui fitur Tanya Dokter.

Kami akan memberikan penjelasan sedikit mengenai perawatan orthodonti, perawatan orthodontik atau behel tidak dapat dilakukan secara sembarangan, semua prosedur ada standar operasionalnya. Ada beberapa cara untuk mendapatkan ruangan yang dibutuhkan untuk menggeser gigi-gigi yang posisinya perlu diperbaiki, diantaranya adalah pencabutan gigi. Jadi tidak semua kasus harus ada gigi yang dicabut, bergantung pada seberapa besar kebutuhan ruang dan tentunya dicabut/tidaknya gigi baru dapat diputuskan setelah dokter gigi melakukan serangkaian pemeriksaan. Seluruh gigi-geligi pasien diperiksa secara seksama, jika ada yang perlu mendapatkan perawatan (misalnya penambalan atau pembersihan karang gigi) maka harus dirawat terlebih dulu sebelum dilakukan pemasangan alat. Lalu gigi pasien harus dicetak agar dapat dilakukan model/duplikat gigi. Duplikat ini diperlukan untuk menganalisa kebutuhan ruang dan melakukan rencana perawatan. Selain itu perlu dilakukan foto rontgen (ada dua foto, yaitu panoramik dan cephalometri). Foto ini penting, untuk membantu analisa kebutuhan ruang dan menilai posisi gigi terhadap tulang rahang sehingga dapat menunjang rencana perawatan.

Perawatan orthodontik terdiri dari beberapa komponen yaitu kawat gigi (wire), bracket (awam menyebutnya behel), rubber band (karet yang dipasang pada bracket untuk menahan kawat), dan molar band (dipasang pada gigi belakang, menahan ujung kawat agar tidak lepas dan melukai jaringan lunak mulut). Kawat yang dipasang pada bracket akan menghasilkan gaya untuk menggeser gigi.

Posisi gigi yang gingsul sebenarnya bukan saja tidak baik secara estetik tapi juga dapat mengganggu kesehatan gigi serta jaringan sekitarnya. Kondisi gigi yang gingsul ini disebabkan oleh karena disorientasi arah tumbuhnya benih gigi. Untuk menentukan rencana perawatan, gigi Anda perlu diperiksa secara keseluruhan, dan perlu beberapa pertimbangan sebelum memutuskan apakah gigi tersebut perlu dicabut atau tidak. Dan bila dilakukan perawatan orthodonti tentu saja hasil akhir yang hendak dicapai adalah oklusi ( bertemunya gigi rahang atas dan bawah) dari gigi yang baik dan benar sehingga tidak mungkin gigi gingsul tidak dipakaikan behel agar tetap terlihat gingsul. 

Pada kasus anda, gigi geraham atas dicabut karena sudah tidak bisa dipertahankan lagi. Sedangkan untuk memberikan ruang untuk memundurkan gigi biasanya yang dicabut adalah gigi Premolar 1, yaitu gigi yang dibelakang gigi taring. Jadi tidak selalu harus gigi geraham juga yang perlu dicabut. 

Sebaiknya konsultasikan secara langsung kondisi gigi Anda ke dokter gigi spesialis Orthodonti agar dapat juga dilakukan pemeriksaan secara langsung, karena kasus gigi anda termasuk kasus yang sulit.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai pakai behel tapi gigi geraham dicabut karena rusak, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar