Sukses

Pengaruh Pengobatan Melena Terhadap Siklus Menstruasi

15 Jul 2017, 18:52 WIB
Wanita, 34 tahun.

Selamat sore dok; Dok, saya mau menanyakan bolehkah komsumsi obat u penyakit lain ( saat ini saya lagi masa pengobatan melena) atau sakit yg lain disaat haid dan Apakah tidak mengganggu siklus haid ? Terima kasih

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah menggunakan e-konsultasi Tanya Dokter

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Obat apakah yang Anda minum ? Perlu diketahui kandungan dari obat tersebut apakah berisi zat yang dapat mengganggu siklus haid. Melena adalah keluhan buang air besar yang berwarna hitam seperti ter. Keadaan ini berhubungan dengan adanya perdarahan di dalam saluran pencernaan bagian atas. Warna hitam yang ada disebabkan oleh oksidasi besi dalam hemoglobin darah selama perjalananannya di dalam saluran pencernaan. Bagian saluran pencernaan atas yang dimaksud adalah kerongkongan, lambung atau usus dua belas jari. Jika melena banyak, dapat terjadi kekuarangan Hb dan umumnya akan diberikan obat untuk meningkatkan Hb tersebut. Selain itu biasanya akan diberikan obat-obatan lambung. Umumnya obat-obatan tersebut tidak mempengaruhi siklus menstruasi. 

Selain obat-obatan tertentu, adapun siklus menstruasi tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama
Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
Malnutrisi (kurang gizi)
Stres psikologis
Atlet
Kekurangan vitamin K
Kelainan pembekuan darah
Gangguan hormon tiroid
Dan lain sebagainya
Selain gangguan hormonal, dapat juga terjadi gangguan organ kandungan. Untuk memastikannya, dapat dilakukan pemeriksaan USG kandungan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar