Sukses

Pertanyaan Seputar Konsumsi Air Minum

16 Jul 2017, 19:29 WIB
Wanita, 27 tahun.

Selamat malam dok. Saya anak dari ibu penderita diabetes. Dokter ibu saya berumur 40 thn terkena stroke pada badan bagian kiri karena diabetes. Seandainya ibu saya tidak mengkonsumsi obat bagaimana dokter? Soalnya dia tidak suka minum air putih. Kalau makan sayur perutnya sakit. Saya takut kena ginjalnya nanti. Terimksh sebelumnya dokter.

Terima kasih telah bertanya mengenai konsumsi air minum menggunakan fitur Tanya Dokter.

Studi menunjukkan bahwa kebutuhan air setiap orang tidaklah sama dan bergantung dari banyak faktor, termasuk: kesehatan, kondisi fisik, aktivitas dan dimana Anda tinggal.

Setiap hari Anda kehilangan air melalui pernafasan, keringat, urine dan feses. Agar tubuh Anda dapat berfungsi dengan baik, maka Anda harus mengganti cairan yang hilang tersebut dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung air.

Suatu studi yang dikeluarkan oleh The Institute of Medicine menyebutkan bahwa konsumsi air yang dianjurkan adalah 3 liter/hari atau setara dengan 13 gelas bagi pria dan 2,2 liter/hari atau setara dengan 9 gelas bagi wanita.

Anda mungkin sering dengar saran: minumlah setidaknya 8 gelas air setiap hari. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah. Konsumsi 8 gelas air/hari atau setara dengan 1,9 liter digeneralisasikan bagi orang dengan aktivitas fisik yang normal dan kondisi fisik yang sehat.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Konsumsi Air

Anda membutuhkan konsumsi cairan lebih jika:
Olahraga
Jika Anda berolahraga atau melakukan aktivitas yang membuat Anda berkeringat, maka Anda harus minum ekstra air untuk mengganti cairan yang hilang. Tambahan 400-600 ml air dapat mengganti cairan yang hilang dari olahraga ringan. Namun jika Anda berolahraga berat, lebih dari satu jam, maka Anda membutuhkan cairan lebih banyak.

Lingkungan
Cuaca yang panas dan lembab dapat membuat Anda berkeringat dan membutuhkan tambahan cairan. Selain itu jika Anda berada di ketinggian lebih dari 2,500 m dapat meningkatkan frekuensi berkemih Anda dan pernafasan menjadi lebih cepat sehingga Anda membutuhkan cairan tambahan.

Kondisi atau penyakit tertentu
Jika Anda mengalami demam, muntah atau diare maka tubuh Anda akan kehilangan cairan. Oleh karena itu dibutuhkan cairan yang lebih untuk mengganti cairan yang hilang tersebut.

Hamil atau menyusui
Wanita yang sedang hamil dianjurkan untuk minum setidaknya 2,3 liter atau setara dengan 10 gelas/hari dan 3,1 liter atau setara dengan 13 gelas/hari bagi ibu menyusui.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai konsumsi air minum, semoga bermanfaat. Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar