Sukses

Mengatasi Diare

16 Jul 2017, 12:40 WIB
Wanita, 15 tahun.

Salam dokter.Nama saya katthy 15 tahun.saya memiliki masalah demam serta diare yang berpepanjangan selama 2 hari nmun besoknya saya mengalami fase menstruasi.demam yang sayang alami naik turun dari 39 38 40 lalu turun drastis 36 naik 39 lalu akhirny normal.diare saya pun cukuo mengganggu setiap kali saya makan atau minum obat saya akan lngsung skit perut dan *maaf mencret apakah ini normal dok? Terimakasih dok

Terima kasih telah bertanya tentang mengatasi diare melalui fitur Tanya Dokter. 

Sebelum menjawab pertanyaan Anda ada beberapa hal yang perlu ditanyakan:

  • Sejak kapan Anda diare?
  • Berapa kali Anda diare dalam sehari?
  • Apakah Anda selalu diare setelah makan?
  • Apakah ada hubungan antara nyeri perut dengan pola makan? (nyeri ketika lapar atau justru sesudah makan, nyeri ketika makan pedas, dll)
  • Di lokasi mana nyeri perut Anda? Seperti apa rasanya nyeri perut tersebut? (ditusuk-tusuk, mulas, diremas)
  • Adakah keluhan lain seperti demam, mual, muntah, kembung?
  • Apakah Anda minum obat untuk mengurangi keluhan? Bila iya obat apakah itu dan apakah keluhan berkurang setelah minum obat tersebut?

Diare adalah peningkatan jumlah (tiga kali atau lebih) atau penurunan konsistensi dari tinja (menjadi lunak atau cair) dalam waktu 24 jam. Diare dapat dibagi menjadi akut (kurang dari 14 hari) , persisten (lebih dari 14 hari) dan kronik (lebih dari 1 bulan). Konsistensi tinja yang cair yang menjadi karakteristik diare biasanya akan hilang dalam beberapa hari. Diare kronik dapat menjadi tanda adanya kelainan yang lebih serius, seperti adanya infflamatory bowel disease. Diare dapat menyebabkan kehilangan cairan dan elektrolit yang cukup signifikan. Kebanyakan diare akan sembuh sendiri tanpa pengobatan.

Jika keluhan diare Anda sudha cukup mengganggu dan tidak dapat diatasi dengan pengobatan biasa maka Anda sebaiknya mengunjungi dokter. Mungkin diperlukan pengobatan antibiotik yang harus diberikan dengan pengawasan dokter. Dokter juga akan menentukan apakah diperlukan pemeriksaan lanjutan seperti pemeriksaan tinja atua lainnya setelah pemeriksaan fisik. Jangan lupakan untuk memperhatikan kebersihan makanan yang Anda konsumsi dan juga menjaga agar asupan cairan tidak berkurang.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai diare. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar