Sukses

Kesemutan di Jari Tangan

16 Jul 2017, 12:40 WIB
Wanita, 22 tahun.

Selamat pagi, dokter. Saya ingin bertanya tentang keluhan yg dirasakan ibu saya. Beliau saat ini berusia 46 tahun. Beberapa waktu yang lalu, ibu mengatakan kepada saya bahwa ibu jarinya terasa sakit, kaku, dan sulit untuk digerakkan. Jika untuk memegang sesuatu tidak berasa (mati rasa). Saya lihat ibu jari beliau dan ternyata bengkak. Saya pegang dan saya gak sengaja coba tekuk ke dalam ibu jari beliau dan terdengar bunyi "klik". Beliau bilang sakit jika dipaksa ditekuk ke dalam seperti yg saya lakukan itu. Sebelumnya ibu jari tangan sebelah kiri sudah pernah seperti itu tapi sudah sembuh. Dan sekarang gantian ibu jari tangan kanan yg seperti itu. Dari gejala yg dialami ibu saya, apa obat yg bisa ibu saya konsumsi dok? Saya gak tega lihat beliau sakit setiap kali mengerjakan sesuatu dan juga khawatir jika dibiarkan nantinya bisa lebih berbahaya bagi beliau. Terima kasih atas jawabannya, dokter..

Terima kasih telah bertanya tentang kesemutan di jari tangan melalui fitur Tanya Dokter. 

Sebelumnya, kami perlu menanyakan terlebih dahulu apa pekerjaan Anda? Apakah sering menggunakan tangan untuk mengetik atau memasak atau pekerjaan lain banyak menggunakan gerakan pada pergelangan tangan dan jari-jari?

Pada wanita paruh baya seperti ibu Anda, kondisi tangan pegal dan kesemutan dapat disebabkan oleh sindrom terowongan karpal/carpal tunnel syndrome (CTS).

Penyebab kesemutan lain yang berlangsung sementara ialah:

  • Penekanan saraf yang berlangsung lama akibat posisi, misalnya duduk bersila, berjongkok atau kebiasaan mengganjal tangan/lengan di bawah kepala saat tidur
  • Sindrom hiperventilasi (napas cepat)
  • Serangan panik
  • Dehidrasi (kurang cairan)
  • Transient Ischemic Attack (TIA), terkadang disebut stroke mini
  • Kejang
  • Suplai darah kurang pada tempat kesemutan

Sedangkan kesemutan yang kronik dapat disebabkan oleh:

  • Gangguan otak, saraf tulang belakang atau saraf tepi, termasuk di dalamnya adalah trauma, stroke, perdarahan otak, multiple sclerosis, tumor, infeksi otak dan selaputnya, penyempitan saraf (carpal tunnel syndrome) akibat melakukan gerakan berulang atau getaran jangka panjang
  • Gangguan jantung dan pembuluh darah
  • Gangguan metabolik dan hormonal: diabetes, gula darah rendah, gangguan hormon tiroid, menopause, kadar kalsium, kalium, natrium, ureum abnormal.
  • Infeksi dan sindrom post-infeksi
  • Gangguan jaringan ikat dan imunitas
  • Kelainan darah, kulit, tulang, dan sendi
  • Kekurangan vitamin seperti: vit B1 (beriberi), vit B5 dan B12, vitamin E dan niasin
  • Kanker

Dari deskripsi singkat Anda yaitu jari tangan kesemutan, ada kemungkinan Anda mengalami yang disebut dengan Sindroma Terowongan Karpal atau Carpal Tunnel Syndrome-CTS. Keluhan CTS umumnya dirasakan di pagi atau malam hari berupa kaku dan kesemutan pada jari manis hingga kelingking. Kebanyakan kasus CTS adalah idiopatik atau tidak memiliki penyebab khusus. Kalaupun ada biasa terkait dengan kebiasaan melakukan gerakan yang menggunakan pergelangan tangan, seperti saat naik motor, mengetik, memasak, memotong, dsb. CTS seringkali terjadi pada tangan yang dominan.

Apabila memang Anda mengalami CTS, tindakan pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengistirahatkan tangan yang terkena (imobilisasi) dengan menggunakan splint atau wristband. Syaratnya, harus menutupi seluruh sendi pergelangan tangan sehingga sulit ditekuk. Prinsipnya sendi ini harus dalam keadaan lurus. Sebisa mungkin splint/wristband digunakan sepanjang hari, terutama saat tidur malam.

Selain itu diberikan juga obat untuk mengurangi pembengkakan yang menyebabkan saraf terjadi. Cara lain adalah dengan suntikan steroid langsung pada saraf yang terkena. Pada kondisi berat dapat dilakukan operasi untuk melepaskan jepitan saraf tersebut. Operasi dilakukan bila pengobatan gagal dan jepitan saraf telah membuat otot yang dipersarafinya mengecil.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai kesemutan di jari tangan. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar