Sukses

Suara Serak dan Pemeriksaan Hormon Tiroid

16 Jul 2017, 15:14 WIB
Pria, 32 tahun.

saya tenggorokan serak sdh setahun lebih terutama sehabis merokok, sdh saya periksa di dokter umum katanya ada masalah di tyroid lalu dirujuk ke spesialis penyakit dalam. tapi setelah diperiksa sama dokter spesialis kok katanya normal tdk ada masalah, tapi disuruh cek di laboratorium. tp karena biaya cek lab lumayan mahal jd sampai sekarang blm cek lab. bagaimana saran dokter?. Terimakasih.

Dr. Fatimah Sania

Dijawab Oleh:

Dr. Fatimah Sania

Terima Kasih sudah bertanya seputar suara serak dan pemeriksaan homon tiroid melalui Fitur Tanya Dokter di Klikdokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda.

suara serak dikenal juga dengan istilah disfonia. suara serak dapat disebabkan berbagai hal dari mulai penyebab ringan hingga berat. oleh karena itu, dibutuhkan pemeriksaan yang jelas dan lengkap. mayoritas kasus dysfonia adalah kasus dengan penyebab ringan. sistem suara diatur oleh organ laring yang terdapat berbagai struktur otot dan pita suara di sekitarnya.pengontrolnya berasal dari otak dan disambungkan oleh saraf. biasanya bila serak belangsung hingga lebih dari 4 minggu Anda disarankan untuk memeriksakan diri Anda ke dokter spesialis THT.

beberapa penyebab suara serak adalah sebagai berikut;

- radang pada laring

- massa pada pita suara

- kurang hormon tiroid

- trauma pada pita suara

- kelumpuhan pita suara

- reinke's edema pada larynx

- faktor pspikologis

hormon dapat anda periksakan adalah salah satu cara untuk mencari penyebab Anda dapat mengonsultasikan kembali masalah Anda untuk menyusun langkah pemeriksaan mana dulu yang dapat dilakukan dengan harga yang sesuai untuk Anda, namun jika memang penyebab lainnya sudah tersingkir dan sudah mengarah ke hormon Anda harus mengikuti saran dokter untuk melakukan pemeriksaan.

Demikian kami sampaikan informasi seputar suara serak dan pemeriksaan homon tiroid, semoga informasi ini bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar