Sukses

Nyeri Dan Kesemutan Pergelangan Tangan

16 Jul 2017, 11:43 WIB
Pria, 52 tahun.

Halo Dok, ini adalah detail dari Mama Saya. Akhir akhir ini mama saya mengeluhkan sakit pada tangan disertai dengan kesemutan. Mama cerita kalo sakitnya itu sangat sakit sampai terasa ke dada. Lalu baru baru ini gusi ikut bengkak. Kaki berasa seperti bengkak padahal tidak. Memang setaun kebelakang ini jarang dan bahkan tidak olahraga biasanya Mama saya aktif olahraga badminton setiap pagi. Lalu Mama sering kecapean karena Mama buka usaha Salon dan setiap harinya lumayan banyak tamu yang datang dan mama pun melakukannya sendirian, bahkan kadang full dari pagi sampai sore hari sampai mama lupa makan dan minum. Terus juga belakangan ini Mama mengalami stress karena keadaan ekonomi keluarga sedang down. Yang saya tanyakan adalah kira-kira mama saya ini terkena penyakit apa dan disebabkan oleh apa? Apakah karena tangan dipakai melakukan aktifitas yang sama (potong rambut, creambath, cuci rambut) selama berjam-jam tanpa henti atau karena kurang olahraga atau karena pikiran atau hal yang lainnya? Terimakasih Dokter :)

Terima kasih telah bertanya tentang nyeri dan kesemutan pada pergelangan tangan menggunakan Fitur Tanya Dokter.

Jika rasa nyeri disertai kesemutan, Kemungkinan yang Anda alami adalah Carpal Tunnel Syndrome (CTS) yaitu penyebab tersering gangguan syaraf pada tangan yang gejala utamnya adalah kesemutan dan nyeri, terutama pada 3 jari terluar (kelingking, jari manis, jari tengah). Salah satu faktor risiko CTS adalah gerakan pergelangan tangan berulang seperti menggenggam/menyetir, mengetik, serta postur kerja statis dan tidak ergonomis.

Untuk sementara, Anda dapat mengkonsumsi multivitamin B kompleks untuk mengurangi keluhan. Apabila gejala tidak mereda setelah tangan dan kaki digerakkan, saya sarankan agar anda berkonsultasi dengan dokter spesialis syaraf untuk dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh.

 

Demikian informasi tentang nyeri dan kesemutan pada pergelangan tangan yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar