Sukses

Test Pack Positif, Hasil USG Negatif

16 Jul 2017, 10:22 WIB
Pria, 23 tahun.

Hallo bunda, saya bunda Dian, mau nanya saya udah tes pakai sensitif 4 kali, saya baru telat 3 hari, tapi setelah USG rahim saya masih kosong, gimana tu bunda?

Terima kasih telah bertanya tentang test pack positif sementara USG negatif melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Pemeriksaan test pack dapat membantu dalam diagnosis kehamilan, namun bukanlah tanda pasti kehamilan. Izinkan kami menjelaskan tentang menentukan apakah Anda hamil atau tidak. Pemeriksaan test pack didasarkan pada cara kerja mendeteksi marker kimiawi dalam tubuh, yang disebut human chorionic gonadotropin (hCG). Tidak dipengaruhi oleh waktu pemeriksaan (pagi/siang/sore/malam). Test pack dapat mendeteksi kehamilan dengan tingkat keakuratan mencapai 99%. Bahkan garis tipis saja sudah menunjukkan hasil yang positif. Namun, masih mungkin terjadi hasil negatif ataupun positif palsu. Kemungkinan hamil pada kondisi Anda sangat mungkin.

Kehamilan dapat diperiksa dengan test pack 1 hari setelah haid terlambat, meskipun terkadang masih mungkin belum dapat terdeteksi karena kadar hormon kehamilan yang diperiksakan masih rendah. Bila hasilnya agak meragukan (belum terdeteksi), Anda dapat mencoba testpack ulang 1-2 minggu lagi, bila haid tidak juga datang. Jika hasil test pack positif, lakukan pemeriksaan USG 2 minggu kemudian.

Tidak terlihatnya kantung kehamilan pada pemeriksaan USG dipengaruhi berbagai macam hal. Saat ini, mungkin saja hasil USG belum bisa terdeteksi karena kantung gestasinya masih terlalu kecil. Umumnya kantung kehamilan tersebut sudah terlihat dari pemeriksaan USG pada usia gestasi 4-6 minggu. Bila belum terlihat, memang sebaiknya dilakukan pemeriksaan kembali 2 minggu kemudian.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai test pack positif. Semoga bermanfaat. Salam 

0 Komentar

Belum ada komentar