Sukses

Nyeri Buah Zakar

15 Jul 2017, 20:13 WIB
Pria, 17 tahun.

Dok tanya ini kenapa ya kok tiba tiba nyeri di kantong zakar. Setelah kuraba rasanya ada saluran yg membesar, tepatnya saluran di kantong zakar sebelah kanan. Yang kiri biasa aja tidak nyeri. Ini kenapa ya dok? Dan mohon solusinya dan obatnya juga dok. Sekian terima kasih

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terimakasih telah bertanya seputar nyeri di kantong zakar melalui fitur Tanya dokter.

Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan rasa nyeri pada buah zakar, dengan penyebab tersering adalah peradangan. Keadaan ini juga dapat disertai pembengkakan testis, nyeri otot, demam, mual, sakit kepala, dan biasanya terjadi setelah seseorang terkena gondongan (nyeri dan pembengkakan kelenjar liur di sekitar telinga depan) akibat infeksi virus mumps. Virus inilah yang kemudian menjadi penyebab terbanyak nyeri testis (terutama hanya sebelah testis). Pernahkah Anda mengalami keluhan-keluhan tersebut?

Apabila nyerinya benar disebabkan oleh virus gondongan ini, maka keluhan umumnya akan sembuh secara spontan dalam 3-10 hari. Namun jika terjadi infeksi bakteri harus diterapi dengan antibiotik. Untuk mengurangi nyerinya sementara, Anda dapat meletakkan handuk di antara dua kaki Anda saat beristirahat untuk mengelevasi buah zakar, dan melakukan kompres es 10-15 menit 4x/hari hingga nyeri berkurang.

Jika keluhan mengganggu aktifitas, kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis urologi atau dokter spesialis kulit dan kelamin untuk tatalaksana yang lebih optimal.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar