Sukses

Pengaruh Behel Terhadap Ibu Hamil

15 Jul 2017, 21:07 WIB
Pria, 30 tahun.

Apa pengaruh behel gigi terhadap ibu hamil? Istri saya sudah pasang behel gigi dari sebelum dia hamil,, sekarang istri saya hamil 3 bulan,,, apakaha behel giginya harus di lepas?

Terimakasih telah bertanya seputar pengaruh behel terhadap ibu hamil melalui fitur Tanya Dokter.

Perawatan orthodontik (kawat gigi) pada ibu hamil tetap dapat diteruskan dan tidak berpengaruh pada kehamilan. Yang penting diperhatikan adalah kedisiplinan dan ketelatenan dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut yang sedang dirawat dengan kawat gigi, sebab seperti yang sudah Anda rasakan, tentu ada bagian-bagian yang sulit dibersihkan terutama antara bracket dan gigi. 

Sedikit informasi, wanita yang sedang hamil mengalami perubahan hormonal yang cukup drastis, dan hal ini turut bermanifestasi ke rongga mulut. Perubahan hormonal dan penurunan HB pada wanita yang sedang hamil menyebabkan ibu hamil lebih rentan untuk mengalami radang gusi, tandanya gusi bengkak, merah terang, dan mudah berdarah. Jika dibiarkan tanpa penjagaan oral hygiene yang baik, kondisi ini dapat mengarah kepada penyakit periodontal (jaringan pendukung gigi termasuk gusi dan tulang). Telah dilaporkan beberapa kasus ibu hamil dengan kesehatan gigi dan mulut yang buruk dan menderita penyakit periodontal yang berat, melahirkan anak secara prematur atau berat badan lahir bayi kurang dari normal. Oleh sebab itu lebih baik kontrol ke dokter gigi secara teratur 2-3 minggu sekali untuk aktivasi kawat gigi Anda sekaligus untuk membersihkan kondisi gigi dan mulut secara keseluruhan.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai pengaruh behel terhadap ibu hamil, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar