Sukses

Konsumsi Asam Amino Untuk Orang Tua

15 Jul 2017, 18:52 WIB
Pria, 21 tahun.

Apakah amino lajim di konsumsi oleh orang tua?

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.

Halo, kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Kita memahami bahwa segala sesuatu yang berlebihan akan berdampak negatif. Demikian juga dengan asam amino dalam tubuh. Tidak ada pantangan konsumsi asam amino bagi orang tua.

Asam amino merupakan unsur pembentuk protein. terdapat 20 asam amino yang terbagi menjadi dua kelompok, asam amino non-enensial dan asam amino esensial. 12 jenis asam amino non-enensial di produksi oleh tubuh. Sedangkan 8 sisanya, berupa asam amino esensial yang harus didapatkan melalui makanan.

Fungsi Asam Amino antra lain :

Penyusun protein, termasuk enzim.
kerangka dasar sejumlah senyawa penting dalam metabolisme (terutama vitamin, hormon, dan asam nukleat)
pengikat logam penting yang di perlukan dalam reaksi enzimatik (kofaktor).
Asam amino di dapatkan dari sumber-sumber protein. Protein merupakan senyawa organik yang terdiri dari satu atau lebih asam amino. Protein yang di dapatkan melalui makanan sehari-hari di urai dalam pencernaan dalam bentuk asam amino.Setiap sel hidup mengandung protein. Protein senyawa organik essensial bagi mahluk hidup dan konsentrasinya paling tinggi di dalam jaringan otot hewan. Protein merupakan bahan essensial yang menunjang kehidupan. Kulit, tulang, otot, darah, hormon, enzim dan organ-organ dalam semuanya tersusun dari protein.

Asam amino tidak memiliki efek samping yang membahayakan, sebaliknya malah memberikan manfaat bagi tubuh kita. Namun, apabila dikonsumsi secara berlebihan dalam waktu singkat, dapat merusak organ tubuh. Untuk itu sebaiknya hal tersebut perlu dihindari. Selain itu hati-hati penggunaannya bagi penderita gangguan fungsi ginjal. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam Sehat

 

0 Komentar

Belum ada komentar