Sukses

Penggunaan Krim Pemutih dan Cat Rambut pada Ibu Menyusui

15 Jul 2017, 16:30 WIB
Pria, 3 tahun.

Pak dokter, sy mau tanya kl ibu yg sedang menyusui itu ttpi ibu memakai cream pemutih wajah.apakah air susu asi terkontaminasi dgn cream pemutih wajah n semir warna rambut

Terimakasih telah bertanya seputar krim pemutih dan cat rambut melalui fitur Tanya Dokter.

Pada ibu menyusui, selama produk tidak mengandung AHA, Glycolic acid, atau Hidroquinon, krim pemutih boleh dipakai. Namun demikian, sebaiknya pemakaian itu tetap dikonsultasikan terlebih dulu dengan dokter kulit yang melihat langsung kondisi Anda.

Mengenai cat rambut, kandungan zat kimia yang terdapat pada cat rambut dapat membahayakan ibu dan bayi jika terpapar secara langsung dan dalam dosis tinggi. Namun dalam proses pewarnaan rambut, kadar zat kimia yang masuk ke dalam rambut tidak terlalu banyak.

Zat kimia yang masuk ke dalam rambut hanya mencapai darah, sehingga kemungkinan tidak masuk ke dalam ASI. Ini terbukti lewat berbagai penelitian yang menemukan bahwa tidak ada efek samping berbahaya dari penggunaan cat rambut bagi bayi dan ibu menyusui. Cat rambut akan berbahaya apabila uap atau bau menyengat yang mengandung amonia terhirup oleh bayi.

Bila Anda takut bayi Anda akan terpengaruh oleh cat rambut yang dipakai, alternatifnya Anda bisa melakukan highlight rambut. Dengan teknik ini, cat rambut hanya masuk ke dalam rambut dan bukan kulit kepala. Jadi besar kemungkinan tak terserap ke dalam tubuh.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar krim pemutih dan cat rambut. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar