Sukses

Bekas Operasi Menghitam

15 Jul 2017, 14:46 WIB
Wanita, 21 tahun.

Selamat sore, dokter saya mau bertanya, beberapa hari yang lalu saya baru selesai operasi fam di payudara kiri. Tapi payudara menghitam di sekitar area bekas operasi. Apakah itu wajar dan tidak berbahaya, dok? Terima kasih

Terima kasih sudah bertanya mengenai bekas operasi menghitam melalui Fitur Tanya Dokter

Kondisi luka bekas operasi yang berbahaya bila ditandai dengan merah, bernanah, atau keluarnya cairan dari bekas luka tersebut. Lepasnya luka juga sebagai salah satu penanda bekas operasi yang kurang baik. Bekas kehitaman saja tanpa tanda tersebut tergolong aman.

Perlu diketahui bahwa pada keadaan ringan, bekas kehitaman dapat memudar dengan pemberian hidrokuinon 2% (termasuk dalam dosis aman) hanya tepat pada daerah bekas kehitaman atau menggunakan scrub, sebuah produk yang memiliki fungsi untuk mempercepat proses regenerasi kulit dan meluruhkan sel mati penyebab kulit kering dan atau kusam. Scrub digolongkan menjadi 2 bagian besar, mengandung butiran dan tidak mengandung butiran. Mengingat proses alami pergantian kulit terjadi selama 14-21 hari, kami sarankan Anda untuk tidak menggunakan produk ini lebih dari satu kali setiap 2 minggu agar lapisan pelindung kulit tidak terkikis.

Terapi laser pun terbukti efektif dalam mengatasi beberapa kelainan pigmen, kendati angka keberhasilan setiap individu sangat bervariasi. Sebaiknya berdiskusilah dengan dokter bedah Anda mengenai masalah ini.

 

Demikian informasi yang dapat disampaikan bekas operasi menghitam. Semoga dapat bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar