Sukses

Bayi Baru Lahir Minum Sedikit

14 Jul 2017, 19:50 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dok saya pny kakak yg baru saja habis melahirkan... Baby laki" umur 4hr... Knp ny ank ny klu minum asi sedikit aja & lebih bnyak tidur..pipis ny jg sedikit klu BAB 1hr sekali... Kira " apa y penyebab ny dok. Terima kasih

Dr. Fatimah Sania

Dijawab Oleh:

Dr. Fatimah Sania

Terima Kasih sudah bertanya seputar bayi baru lahir minum sedikit melalui Fitur Tanya Dokter di Klikdokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda.

Alah satu kekhawatiran ibu adalah apakah ASI yang dikeluarkannya cukup untuk memenuhi nutrisi anak. pada dasarnya satu-satunya nutrisi yang dibutuhkan bayi kurang dari 6 bulan adlaah ASI. setelah melahirkan ibu harus mampu merawat bayi dengan baik dan benar. biasanya menjelang masa kelahiran dokter sudah memberikan tata cara perawatan bayi agar ibu siap merawat bayinya setelah kelahiran. Namun, tentunya praktikntalah yang membuat ibu mahir. biasanya beberapa hari hingga bebeapa minggu ibu baru mulai lancar menjalankan perannya.

pada awal kelahiran bayi memang kandungan ASI yang dimiliki ibu masih sedikit namun dengan sering menyusui jumlah ASI akan meningkat dan pada hari kelima biasanya jumlah ASI dapat mencapai 500 ml dan terus meningkat hingga menetap pada minggu minggu berikutnya menyesuaikan kebutuhan bayi. oleh karena itu, anjuran menyusui biasanya adalah menyusui on demand dan tidak membiarkan bayi terlelap setelah menangis karena ingin ASI. dalam pemberian ASI sangat penting posisi juga perlekatan ibu dan bayi secara benar. 

Selain itu, sangat penting menilai tanda kecukupan ASI ;

1. produksi ASI makin meningkat terutama setelah hari ke-2 hingga 4, payudara terasa lebih kencang.

2. frekuensi bayi menyusu sebanyak 8 --12 kali, menyusu efektif selama minimal 10 menit

3. bayi tampak puas, biasanya tertidur setelah menyusui

4. buang air kecil hingga enam kali sehari, urin bening. perhatikan bila terdapat warna kemerahan berarti terdapat kristal didalamnya.

5. BAB hingga lebih dari 4 kali

6. feses kekuningan, bila masih gelap di awal kelahiran itu menandakan tinja awal bayi amun bila selanjutnya warna masih coklat hijau berarti konsumsi ASI masih kurang.

Hal yang perlu diperhatikan dalam menyusui

1. perlekatan, bila puting terasa nyeri berarti perlekatan menyusu bayi tidak benar hal ini akan mengurangi produksi ASI

2. berat badan abyi tidak turun lebih dari 10% berat lahir

3. berat badan bayi kembali setidanya dalam 2 minggu

Apabila bayi Anda mengalami gejala kurang konsumsi ASI konsultasikan kondisi tersebut pada dokter spesialis Anak Anda agar bayi terus mendapatkan nutrisi terbaik dan betumbuh kembang dengan baik.

Demikian kami sampaikan informasi seputar bayi baru lahir minum sedikit, semoga informasi ini bermanfaat

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar