Sukses

Penyebab Feses Anak Bewarna Putih

14 Jul 2017, 16:45 WIB
Pria, 6 tahun.

Dok mau tanya. Kalo feses anak2 berusia 6 tahun itu berwarna putih gimana dok? Gawatkah? Bagaimana penanganannya dok dan solusinya? Terimakasih dok mohon petunjuknya

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai feses anak bewarna putih melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Keluhan anak Anda saat ini adalah warna feses pucat atau putih.

Warna feses putih atau pucat pada setiap orang dapat diakatakan tidak normal. Warna putih yang dimaksud adalah seperti warna dempul. Penyebabnya adalah kurangnya cairan empedu yang bisa merupakan suatu tanda adanya gangguan pada hati, kandung empedu ataupun usus halus.

Normalnya, cairan empedu diproduksi oleh hati dan kemudian akan disimpan sementara di kandung empedu. Kemudian jika terdapat lemak dari makanan di usus halus, maka kandung empedu akan mengeluarkan cairan empedu untuk mengubah lemak menjadi zat yang mudah diserap oleh usus. Selain itu, bilirubin yang berada dalam cairan empedu juga kemudian akan memberikan warna pada feses menjadi kecokelatan.

Jika terdapat gangguan pada hati sehingga hati tidak dapat memproduksi cairan empedu atau terdapat sumbatan pada saluran empedu ketika meninggalkan hati untuk menuju kandung empedu, maka tidak ada cairan empedu yang dapat disalurkan menuju usus halus. Sehingga bilirubin yang terkandung dalam cairan empedu juga tidak bisa terselurkan dan tidak dapat memberi warna pada feses. Itulah yang menyebabkan feses berwarna putih.

Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter anak Anda untuk melakukan pemeriksaan fisik lebih lanjut.

Demikian informasi kami sampaikan mengenai feses anak bewarna putih. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar