Sukses

Gigi Geraham Copot Usia 13 Tahun Dan Gusi Sakit

14 Jul 2017, 15:59 WIB
Pria, 14 tahun.

Halo dok, umur saya 14thn gigi geraham pertama saya copot di usia 13 thn kenapa ya gak tumbuh lagi, apakah bisa tumbuh lagi? Dan kenapa ya gusinya sering sakit?

Terimakasih telah bertanya tentang gigi geraham copot usia 13 tahun dan gusi sakit melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya menjawab pertanyaan anda ada beberap hal yang perlu kami luruskan. Pertumbuhan gigi tetap pada anak akan dimulai pada usia 6-13 tahun. Mulai dari geraham pertama, lalu ke gigi seri depan sampai ke ke gigi premolar. Kemudian akan disusul oleh gigi geraham bungsu pada usia 17-21 tahun. Pergantian dari gigi susu ke gigi tetap ini akan ditandai dengan dengan proses fisiologis berupa goyangnya gigi susu. Dari masing-masing gigi akan mengalami waktu pergantian yang berbeda, contohnya seperti gigi seri sentral atas yang berganti pada usia 7-8 tahun dan pada gigi taring atas yang akan berganti pada usia 11-12 tahun.

Berdasarkan keterangan yang anda sampaikan, bahwa bila geraham tetap pertama copot usia 13 tahun maka memang tidak akan tumbuh lagi. karena gigi geraham pertama tumbuh diusia 6-7 tahun. 

Penyebab dari gusi yang sakit cukup beragam yaitu dapat disebabkan oleh infeksi atau radang baik yang berasal dari infeksi gigi, trauma/cedera, hingga terkait penyakit sistemik. Apakah terdapat gejala lainnya selain sakit? apakah disertai perubahan pada jaringan sekitarnya? apakah ada gigi yang berlubang? dan sudah berapa lama hal ini terjadi?, hal-hal tersebut perlu diketahui melalui pemeriksaan fisik langsung dan wawancara medis untuk menegakkan diagnosis penyebab keluhan Anda

Sebaiknya periksakan keadaan Anda ke dokter gigi terutama bila tidak sembuh dalam 2 minggu atau tidak berangsur pulih. Tetaplah menjaga kebersihan rongga mulut dan gigi guna mencegah terjadinya infeksi sekunder.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai gigi geraham copot usia 13 tahun dan gusi sakit, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar