Sukses

Tanda-Tanda Kista
14 Jul 2017, 15:11 WIB
Wanita, 20 tahun.

dokter sya ingin brtanya bagaimana ciri cirinya kita terkena penyakit kista?

Terima kasih sudah bertanya seputar kista pada organ reproduksi wanita melalui fitur Tanya Dokter di Klikdokter.com

Kista adalah pertumbuhan masa didalam tubuh yang berisi cairan. Kista bisa muncul dimana saja. Kista bisa muncul di bibir vagina, di vagina, di rahim, ataupun indung telur. Semua kista tersebut memiliki penyebab yang berbeda-beda. Sulit bagi kami menjawab pertanyaan Anda karena informasi yang diberikan tidak spesifik.

Berkaitan dengan benjolan di vagina. Ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada vagina, diantaranya adalah

  • Kista Gartner yang tumbuh didalam dinding vagina
  • Sistokel, tonjolan dari adanya protrusi kandung kemih ke vagina, biasanya ditandai dengan gangguan berkemih
  • Kista Bartholin/abses kelenjar Bartholin yang tumbuh di bibir vagina. Kista ini berasal dari kelenjar bartholin yang tersumbat. Setiap wanita memiliki sepasang kelenjar bartholin pada bibir vagina. Kelenjar yang tersumbat menyebabkan munculnya benjolan (kista) dan dapat pula terinfeksi sehingga meradang. Bila sudah radang, maka benjolan akan menjadi nyeri, kemerahan, dan hangat. Bila terdapat nanah kemungkinan sudah menjadi abses/bisul.
  • Kista endometrium, ditandai dengan nyeri setiap haid
  • Kista ovarium, bisa ditandai dengan mens yang tidak teratur
  • Pembengkakan kelenjar getah bening. Biasanya disebabkan karena ada infeksi, terutama bila timbul keputihan atau gatal pada vagina.

Untuk memastikan penyebab keluhan yang Anda alami, diperlukan pemeriksaan fisik langsung. Oleh karena itu, kami sarankan agar Anda mengunjungi dokter kulit dan kelamin atau dokter spesialis Kebidanan dan Kandungan untuk tatalaksana selanjutnya.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai kista pada wanita. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar