Sukses

Nyeri Lutut

14 Jul 2017, 10:29 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok, ibu saya usia 64 tahun. Beberapa bulan ini selalu merasakan nyeri di bagian lutut sampai bagian betis. Ibu saya memang mengidap penyakit asam urat. Apakah nyeri yang dirasakan kali ini juga karena asam urat? Sudah beberapa kali ke dokter umum, dikasih obat dan efeknya hanya bertahan 1 - 2 hari. Setelah itu nyerinya kembali timbul. Kira2, apa penyebab nyeri yang dirasakan ibu saya dan ke dokter spesialias apa ibu saya harus memeriksakan diri ? Mohon jawabannya, dok. Terima kasih

Terima kasih telah bertanya mengenai nyeri lutut menggunakan fitur Tanya Dokter.

Rasa sakit lutut dapat disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya adalah ada proses degenerasi sendi, kram otot sampai variasi normal. Nyeri lutut setelah ditekuk untuk waktu yang cukup lama sebenarnya dapat merupakan hal yang wajar, apalagi jika tidak membatasi aktivitas normal lainnya. Namun, keluhan pada lutut yang sudah mengganggu tanpa perbaikan perlu dikonfirmasi dengan pemeriksaan langsung dan pemeriksaan rontgen tulang daerah lutut untuk mengetahui apakah ada masalah lainnya. Perlu diketahui apakah terdapat masalah pada persendian atau adanya masalah pada tulang seperti longgarnya ligamen atau tendon atau adanya proses pertumbuhan tulang baru yang tidak seharusnya seperti yang terjadi pada osteoartritis. Nyeri lutut juga bisa berasal dari asam urat yang tinggi namun harus dikonfirmasi dengan pemeriksaan lab.

Mengingat pentingnya wawancara medis yang mendetil dan pemeriksaan fisis secara langsung dalam menentukan diagnosis dan penatalaksanaan, kami menyarankan agar ibu Anda berkonsultasi secara langsung dengan dokter spesialis penyakit dalam guna menentukan penyebab dan penanganan yang sesuai bagi ibu Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai nyeri lutut, semoga bermanfaat. Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar