Sukses

Keunggulan Dari Gigi Palsu Crown And Bridge

14 Jul 2017, 15:03 WIB
Pria, 19 tahun.

Apa keunggulan dari gigi palsu bridge? apakah rahang tetap dapat berubah bentuk, meskipun dipasang bridge? tks

Terimakasih telah bertanya tentang keunggulan dari gigi palsu crown and bridge melalui fitur Tanya Dokter.

Crown atau mahkota dan bridge adalah gigi tiruan cekat. Gigi tiruan jenis ini tidak dapat dilepas pasang sendiri oleh pasien karena dicekatkan ke gigi dengan menggunakan semen kedokteran gigi, lebih dikenal dengan istilah mahkota tiruan / dental crown dan mahkota tiruan jembatan /dental bridge. 

Mahkota tiruan jembatan (dental bridge)
Bridge dibuat untuk menggantikan satu atau lebih gigi yang hilang, dengan menggunakan gigi di sebelah gigi yang hilang sebagai penjangkaran. Gigi di sebelah gigi yang hilang akan diasah, lalu dipasangkan mahkota tiruan.

Crown dapat terbuat dari logam (all metal), porselen (all porcelain), resin akrilik, atau paduan logam dengan porselen (porcelain-fused-to-metal crown/PFM) atau bahan resin komposit dengan penguatan fiber. Yang paling sering digunakan adalah PFM crown, karena paling menyerupai tampilan gigi asli dengan kekuatan yang baik untuk menahan tekanan kunyah. Resiko dari jenis gigi tiruan ini adalah kerusakan jaringan pendukung dan terjebaknya sisa makanan bila gigi tiruan pemasangan atau design gigi tiruan kurang tepat dan pasien juga tidak menjaga kebersihannya dengan baik. Keunggulan dari crown and bridge adalah estetik baik, kuat untuk pengunyahan sebagai pengganti gigi geraham, mudah dibersihkan ( jika bentuk crown bagus ), sangat nyaman seperti gigi asli, tidak repot harus lepas pasang sendiri, tidak repot harus cuci gigi palsu setiap sebelum tidur. Tulang rahang bagian gigi yang hilang tetap akan menyusut, namun tertutup dengan pontic dari crown and bridge.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai keunggulan dari gigi palsu crown and bridge, semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar