Sukses

Mens Menjadi Lebih Lama

14 Jul 2017, 14:21 WIB
Wanita, 44 tahun.

Selamat siang dokter... Begini dokter di usia saya yg sudah 44 th ini menstruasi sudah sepuluh hari ini gak selesai. Mulai menstruasi tgl 4 dan skrg sudah tgl 14. Keluarnya semula warna darah coklat kehitaman makin hari sekarang keluarga coklat kemerahan. Keluarnya sedikit selama 10 hari ini. Biasanya kalo menstruasi itu keluarnya darah bnyak selama 3 hari dan 7 harinya sudah bersih. Tpi ini keluarnya sedikit tpi 10 hari kog gak selsai jg. Dan kalo kencing seprti ada rasa sakit gitu. Dan sebentar2 ingin kencing. Trus tidur rasanya sulit tidur . Jantung rasanya deg2 an dok. Yg saya tanyakan ada dg tubuh itu dok. Knpa menstruasinya jdi begitu. Knp saya jdi sering cemas. Trima kasih dok sebelumnya. Dan selamat siang.

Terimakasih sudah bertanya sepuat Mens lebih lama melalui fitur Tanya Dokter dari Klikdokter

Permasalahan gangguan menstruasi yang Anda rasakan, seringkali terjadi. Permasalahan menstruasi membawa wanita 20% wanita usia muda pada layanan kesehatan. Kemungkinan penyebabnya sangat luas, mulai dari yang tidak berbahaya sampai yang bebahaya. Oleh karena itu saya menyarankan Anda, melakukan pemeriksaan dengan dokter, terutama untuk menyingkirkan kemungkinan penyebab yang berbahaya.

Kemungkinan yang pertama berkaitan dengan kehamilan. Apabila Anda dalam beberapa waktu terakhir melakukan kontak seksual, maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan kehamilan. Apabila terbukti hamil, Anda harus waspada. Kehamilan dengan pendarahan merupakan kasus yang butuh evaluasi lebih lanjut.

Kemungkinan kedua terkait dengan konsumsi obat. Sejumlah obat bisa mengganggu kondisi Anda sehingga menghasilkan permasalahan menstruasi. Misalnya aspirin, obat pengencer darah (warfarin), obat antidepresi, steroid, obat untuk penyakit gondok, atau pil KB.

Kemungkinan ketiga berkaitan dengan gangguan pada organ lain yang berpengaruh pada siklus mens Anda. Misalnya pada kasus penyakit hipertiroid atau peningkatan fungsi kelenjar gondok ditandai dengan sering berkeringat, jantung berdegub kencang, dan penurunan berat badan. Masalah lain seperti PCOS atau kelainan pada ovarium ditandai dengan hitam nya kuduk, tumbuh rambut halus ditempat yang tidak seharusnya, dan jerawat. Masalah tersebut mempengaruhi ketidakseimbangan hormon dalam tubuh Anda.

Kemungkinan keempat berkaitan dengan gangguan pada rahim itu sendiri. Misalnya pada kondisi riwayat infeksi menular seksual, adanya gangguan pada organ kewanitaan seperti indung telur, atau pembesaran rahim yang tidak normal. Bisa juga berkaitan dengan tumor lapisan dalam rahim, namun jarang ditemukan pada rentang usia Anda.

Apabila semua kemungkinan tersebut tidak ditemukan maka dicurigai permasalahan pematangan pada pengaturan hormone sex Anda yang mengakibatkan tidak rutinnya pelepasan sel telur dalam setiap siklus menstruasi. Untuk sementara Anda bisa mengurangi perdarahan dengan obat anti radang bukan steroid (NSAID) seperti ibuprofen atau asam mefenamat selama 5-7 hari. 

Keluhan ini tampaknya sangat mengganggu Anda. Wajar bila Anda menjadi cemas. Sebaiknya Anda segera memeriksakan diri pada dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan supaya segera diketahui penyebabnya, dan diberikan terapi yang sesuai.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan terkait mens lebih lama. Semoga bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar