Sukses

Detergen Untuk Membersihkan Vagina, Amankah?

14 Jul 2017, 14:20 WIB
Wanita, 20 tahun.

dok , baru hari ini saya buang air kecil . ketika saya mau membersihkan daerah kewanitaan saya , saya menggunakan mini shower buat menyemprotnya . saya merasa nyeri mengejutkan ketika semprotan air mengenai klitoris saya , saya bingung kemarin baik2 saja dan tidak terasa sakit . saya check saya melihat ada bercak putih 2-3 bercak di bagian klitoris saya . apakah itu berbahaya ? apakah itu termasuk penyakit berat? lalu apakah ada pengaruh buruk jika mencuci cd memakai detergen untuk baju ? dok trimakasih.

Terima kasih sudah bertanya mengenai bercak putih di klitoris bagina dalam melalui fitur Tanya Dokter

Mohon maaf sebelumnya, sulit bagi kami untuk menyimpulkan penyebab dari keluhan yang Anda rasakan karena kami tidak bisa melakukan pemeriksaan langsung. Bercak putih di vagina dapat disebabkan oleh banyak kondisi, seperti

  • Lichen sclerosus, kelain ini terjadi karena reaksi imunitas dan tidak menular
  • Infeksi jamur
  • hipopigmentasi pasca inflamasi, yaitu hilangya pigmen pasca peradangan di sebuah area tubuh
  • kelainan pigmen seperti vitiligo
  • kutil kelamin
  • keganasan dari kulit

Semprotan yang terlalu cepat bisa saja mengakibatka lecet pada klitoris. Lebih berhati-hatilah dalam membersihkan area kewanitaan Anda. Beberapa penyebab diatas, seperti lichen sclerosus dapat hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan. Bila keluhan menetap atau memunculkan rasa tidak nyaman seperti nyeri, berdarah, berbau maka Anda kami sarankan untuk memeriksakan diri pada dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Jangan menggunakan detergen untuk mencuci area kewanitaan Anda. Deterjen berisi bahan kimia yang dapat bersifat iritatif. 

Pemakaian cairan pembersih vagina secara rutin dan dalam jangka waktu lama tidak dianjurkan karena dapat mengganggu lingkungan alami vagina. Cairan pembersih vagina dapat mengganggu keseimbangan mikroorganisme yang ada pada vagina- bakteri 'jahat' vs flora normal/'baik'. Sebenarnya, bakteri 'jahat' terdapat di vagina, namun dalam jumlah yang lebih sedikit dibandingkan flora normal. Namun bila keseimbangan lingkungan vagina terganggu, maka bakteri 'jahat' tersebut akan meningkat jumlahnya. Keadaan tersebut dapat memudahkan terjadinya infeksi.

Mengenai sabun pembersih herbal, sejatinya memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dengan sabun pembersih vagina yang dijual di pasaran. Sebenarnya, membersihkan dengan menggunakan air bersih saja sudah cukup, karena vagina memiliki mekanisme sendiri untuk pembersihan. Anda dapat membersihkan bagian luar vulva yang berambut dengan air dan sabun, namun untuk bagian vagina cukup dengan air bersih saja. Hal ini dilakukan juga untuk mencegah iritasi dan alergi.

Jagalah selalu kesehatan area reproduksi Anda. Usahakan tetap bersih dan sebaiknya hindari dulu penggunaan sabun jenis apapun.

Demikian informasi mengenai detergen untuk membersihkan vagina. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar