Sukses

Pertanyaan Seputar Pemeriksaan HSG

14 Jul 2017, 11:10 WIB
Pria, 27 tahun.

selamat malam dok..saya mau tanya..td pagi saya test HSG dan sudah keluar hasilnya..karena saya konsul lagi masih lama saya penasaran hasilnya dok..disini tertulis kesimpulan : 1. uterus anteflexi normal 2. tuba dextra pattent 3. tuba sinistra non pattent et causa hydrosalping sinistra mohon penjelasanya dokter...dan apabila salah satu tersumbat apakah bisa hamil dok?? terima kasih..saya tunggu balasannya...🙏🙏🙏🙏

Terima kasih telah bertanya mengenai pemeriksaan HSG menggunakan fitur Tanya Dokter.

Pemeriksaan HSG (hysterosalpingography) merupakan prosedur pemeriksaan rahim dan saluran telur dengan memasukkan zat kontras melalui alat khusus (kateter) ke dalam rongga rahim dan saluran telur, kemudian di foto dengan sinar-x. Pemeriksaan ini bertujuan untuk melihat aliran zat kontras dalam rahim dan saluran telur, dengan demikian dapat terdeteksi adanya sumbatan pada saluran telur ataupun kelainan anatomi lain dari rahim ataupun saluran telur.

Keakuratan pemeriksaan HSG lebih baik daripada pemeriksaan USG dalam mendeteksi adanya kelainan pada saluran telur. Meskipun melalui pemeriksaan USG dikatakan bahwa rahim dalam keadaan normal, namun pemeriskaan USG kurang akurat jika digunakan dalam mendeteksi kelainan pada saluran telur.

Pemeriksaan HSG memang perlu dilakukan untuk mengevaluasi anatomi saluran reproduksi pada wanita yang sulit mendapatkan keturunan atau pernah mengalami kehamilan diluar kandungan atau KET seperti Anda.

Pemeriksaan HSG sebaiknya dilakukan setelah selesai menstruasinya, yaitu pada hari ke-9, 10 atau 11 dalam siklus haid (dihitung sejak hari pertama mendapat haid) untuk menyakinkan bahwa selama dilakukan pemeriksaan, wanita tersebut tidak sedang hamil dan untuk mencegah terjadinya kerusakan sel telur oleh zat kontras yang dimasukkan ke dalam tubuh jika dilakukan pada masa subur wanita.

Dalam menginterpretasikan hasil pemeriksaan HSG, sangat penting untuk mempertimbangkan hasil wawancara medis yang mendetil dan pemeriksaan fisis secara langsung. Kami menyarankan agar Anda mendiskusikan hasil pemeriksaan Anda dengan dokter yang menyarankan untuk dilakukan pemeriksaan tersebut, guna menginterpretasikannya sesuai dengan keluhan dan hasil pemeriksaan fisis.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai pemeriksaan HSG, semoga bermanfaat. Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar