Sukses

Mengobati Batuk Saat Hamil

14 Jul 2017, 09:07 WIB
Pria, 27 tahun.

Dok, sy sedang hamil sekitar 16 mingguan . Sy mengalami batuk dari hamil 4 minggu sudah minum air putih hangat Sy pun beberapa kali minum jeruk nipis hangat+madu atau jeruk nilis dengan kecap tp minum daun saga dan sempet minum obat dr bidan obat batuk namu masih blm sembuh. Soalnya batuknya sudah lama dan lumayan mengganggu, perut sy jg terkadang jadi skt tertarik saat batuk.

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar mengobati batuk saat hamil melalui fitur Tanya Dokter

Pertama, harus diketahui batuk seperti apa yang anda rasakan, apakah kering? Apakah berdahak? Apakah disertai nyeri tenggorokan? Apakah sakit saat menelan? Apakah batuk terjadi terutama saat malam hari ? Apakah disekitar anda ada orang yang mengalami gejala batuk-batuk lama dan merokok? 

Kami sarankan anda memeriksakan diri ke dokter, karena batuk yang sudah lebih dari 1 bulan perlu dicurigai adanya infeksi TBC. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter umum atau dokter spesiali sparu untuk pemeriksaan lebih lanjut. Apabila ternyata bukan karena TBC, maka batuk yang anda alami juga bisa disebabkan oleh asam lambung yang tinggi, atau peyakit GERD. Hal ini dapat dicegah dengan merubah pola makan dan bantuan obat.

Namun sekali lagi, untuk memastikan kami sarankan anda berkonsultasi dengna dokter umum/dokter spesialis paru.


Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar mengobati batuk saat hamil , Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar