Sukses

Terlambat Haid

13 Jul 2017, 23:07 WIB
Wanita, 20 tahun.

Halo dok, saya hari ini ada gejala mual, perut kadang sakit (panas), badan lemas, sakit kepala ada tetapi tidak terlalu sering muncul. Lalu saya terlambat haid 2 sekitar 2 hari. Akhir2 ini tidur tidak teratur, dan saya juga sedikit stres. Ini kenapa ya dok? Mohon di jawab dok, terima kasih

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah bertanya seputar terlambat haid dan stres melalui fitur Tanya Dokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran anda.

Apakah Anda mengalami demam ? Jika ya, sudah berapa lama ? Bagian perut mana yang terasa sakit ? Banyak sekali penyakit yang memberikan gejala yang mirip dengan Anda. Kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter untuk dilakukan wawamcara detail dan pemeriksaan fisik secara langsung. Jika diperlukan akan dilakukan pemriksaan penunjang.

Untuk siklus haid yang normal umumnya dihitung dengan menghitung dari hari pertama haid sampai hari pertama haid berikutnya. Siklus haid memang dapat maju atau mundur, tidak selalu tepat waktu. Normalnya siklus haid seorang wanita berlangsung setiap 21-35 hari selama 3-7 hari dengan jumlah perdarahan yang keluar berkisar antara 20-60 ml/hari.

Beberapa penyebab haid yang tidak teratur, diantaranya adalah :

Kondisi genetis seperti dysgenesis gonad, turner syndrome, congenital adrenal hyperplasia atau PCOS
Pubertas atau hampir menopause
Penggunaan kontrasepsi
Obat-obatan tertentu
Perubahan gaya hidup seperti olahraga berlebih, penurunan atau peningkatan berat badan ekstrim
Stress
Gangguan hormonal
Kondisi abnormalitas pada sistem reproduksi (seperti: kehamilan, gangguan hipotalamus atau pituitari, endometriosis dan kanker)

Melihat terdapat faktor stress yang anda hadapi, kemungkinan hal ini menyebabkan jarak siklus menstruasi anda bertambah. Cobalah mengatasi stres hidup yang anda hadapi.

Di atas batang otak manusia, terdapat satu struktur yang disebut hipotalamus. Hipotalamus memiliki beberapa fungsi dan yang terpenting adalah menghubungkan sistem saraf dengan kelenjar endokrin melalui kelenjar hipofisis atau pituitasi. Hipotalamus mengatur berbagai tingkatan hormon, termasuk hormon-hormon reproduksi wanita, yaitu esterogen dan progesteron. Bila seorang wanita berada pada tekanan mental ekstrim seperti stres, maka produksi esterogen dan progesteronnya akan terganggu. Ketidakseimbangan ini dapat menyebabkan siklus haid menjadi tidak teratur.

Obat dari stres sendiri adalah tenang. Kunci mencapai ketenangan bersifat individual setiap karakter orang. Mungkin dari hobby, aktivitas yang mendapatkan perasaan kesenangan, meningkatkan intensitas hubungan kepada Pencipta, ataupun lainnya.

Namun satu hal yang diwaspadai, apabila gejala yang ada mulai mengindikasikan gangguan kesehatan yang semakin memburuk, seperti halnya kesulitan tidur, jantung berdebar, tengkuk terasa kencang dan memanas,kehilangan gairah hidup,maka kami sangat anjurkan Anda untuk mengadakan kunjungan konsultasi langsung kepada dokter yang berkompetensi dalam bidang permasalahan Anda. Dalam hal ini, dokter spesialis kesehatan jiwa.

Demikian informasi yang dapat kami berikan seputar terlambat haid dan stres.

Semoga bermanfaat.

Salam sehat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar