Sukses

Tambalan Gigi Goyang Dan Sakit

13 Jul 2017, 23:28 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok, gigi tambalan saya sakit banget udah 2 hari ini. Apakah ini karena saya minum minuman dingin atau apa ya? Gigi tambalan itu agak goyang dikit. Sebaikny saya meminum obat apa. Atau saya perlu cabut gigi tersebut. Terimakasih

Terimakasih telah bertanya seputar tambalan gigi goyang dan sakit melalui fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan keterangan yang anda sampaikan, ada beberapa dugaan Penyebab kasus ini. Pertama, tambalan rusak sehingga terjadi kebocoran pada tambalan, mungkin disebabkan kualitas tambalan kurang baik. Jika rasa sakit timbul saat minum dingin saja, dan setelah minum dingin langsung hilang, maka kemungkinan sudah terjadi karies sekunder di bawah tambalan. Namun jika sakit terjadi terus menerus tanpa anda minum dinginpun, maka kemungkinan infeksinya sudah terus berlanjut hingga ke pulpa gigi. Sehingga gigi terasa sakit sekali.

Jika tidak segera ditangani maka infeksi bisa berlanjut terus ke ujung akar dan ke jaringan periodontal (jaringan pendukung akar yaitu gusi dan tulang) kemudian bengkak menjadi abses. Abses yang demikian disebut abses periapikal. Jika rasa sakit timbul saat minum dingin saja, dan setelah minum dingin langsung hilang, maka kemungkinan ada 

Kemungkinan lain, tambalannya masih baik tapi gigi tersebut goyang karena kerusakan tulang, bisa jadi karena karang gigi yang berat, atau adanya kontak prematur pada gigi tersebut sehingga terjadi kerusakan jaringan periodontal. Tandanya, terjadi poket periodontal yaitu perlekatan gusi ke permukaan gigi rusak, sehingga terjadi celah yang dalam antara gusi dan gigi.

Kami sarankan Anda segera berkonsultasi ke dokter gigi, karena sulit untuk menentukan diagnosis yang pasti tanpa pemeriksaan secara langsung. Dengan pemeriksaan visual dan penunjang (seperti foto rontgen, bila perlu) dapat diusut penyebab dari keluhan Anda, kemudian dapat ditentukan rencana perawatannya. Sementara ke dokter gigi anda bisa minum obat pereda nyeri yang didapat di apotik, kumur dengan air garam hangat agar tidak ada kotoran terjebak disela-sela tambalan dan gigi. 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai tambalan gigi goyang dan sakit, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar