Sukses

Tambal Gigi Menggunakan Bur Apa Harus Disuntik Terlebih Dahulu?

13 Jul 2017, 23:10 WIB
Pria, 19 tahun.

Dok saya mau bertanya. Apakah kalau gigi kita berlubang dan ingin ditambal menggunakan bur? Dan apakah harus di suntik terlebih dahulu?

Terimakasih telah bertanya seputar tambal gigi menggunakan bur apa harus disuntik terlebih dahulu melalui fitur Tanya Dokter.

Penambalan gigi adalah prosedur medis yang bertujuan untuk menutup lubang atau karies pada gigi , guna mencegah terjadinya keadaan yang lebih parah seperti lubang bertambah besar, dalam, lebar serta gigi menjadi rapuh. Kekuatan dan ketahanan atau lamanya tambalan gigi bersifat multifaktorial, yaitu meliputi jenis bahan tambal, letak, bentuk, besar dan kedalaman lubang gigi serta keterampilan operator.

Pengambilan jaringan gigi dengan cara di bor pada saat penambalan bertujuan untuk membuang jaringan karies yang lunak dan sudah rusak. Ada saatnya pengambilan jaringan menggunakan bur memerlukan penyuntikan, yaitu bila dokter gigi merasa masih perlu membersihkan jaringan gigi namun pasien sudah merasa ngilu. Namun tidak semua dokter gigi memilih penyuntikan. Dasar pemikirannya adalah karena rasa ngilu yang terjadi saat bur gigi, dianggap sebagai 'alarm' bahwa pengambilan jaringan sudah semakin dalam ke arah pulpa gigi. Jadi dokter gigi bisa berhati-hati agar pulpa gigi tidak terbuka karena terambil oleh bur gigi. 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai tambal gigi menggunakan bur apa harus disuntik terlebih dahulu, semoga bermanfaat.

1 Komentar

  • Dav******niawan

    Itu juga yg saya pertanyakan selama ini,saya belum lama ini jg baru tambal gigi tapi baru kedatangan yg pertama..kayanya kedatangan kedua saya bakal kena bor nih.smoga aj dapet suntikan