Sukses

Pertanyaan Seputar Flek pada Awal Kehamilan

13 Jul 2017, 21:55 WIB
Wanita, 20 tahun.

Selamat malam dokter saya mau bertanya,ketika usia kandungan saya 1 bulan jalan 2 bulan,pada saat saya bekerja sedikit lelah,dan pada malam hari keluar bercak darah yg hanya flek berwarna merah kecoklatan selama 2 hari,dan ketika malam ketiga darah nya semakin banyak serta gumpalan kecil yg berwarna merah gelap selama 5 hari sampai tanggal 13 ini dok,perut bagian bawah saya terasa aangat sakt,dan jika saya angkat kedua kaki saya keatas,sakit nya berkurang,yg mau saya tanyakan apakah janin saya sudah tidak berkembang? Atau masih adaa dok? Dan jika sudah tidak hidup lagi didalam perut saya,apakah dia akan jatuh? Terimakasih dokter,tolong kejelasan nya,karna saya baru hamil anak pertama dokter

Terima kasih telah bertanya mengenai flek pada awal kehamilan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluarnya bercak darah atau flek saat hamil memang perlu mendapat perhatian lebih karena dapat menjadi pertanda suatu bahaya bagi janin yang dikandung. Namun, 20-30% wanita hamil terkadang dapat mengalami flek-flek perdarahan yang biasa terjadi di awal kehamilannya (3 bulan pertama kehamilan).

Beberapa hal yang dapat menyebabkan timbulnya flek-flek selama kehamilan diantaranya adalah:

Melakukan hubungan seksual selama kehamilan. Umumnya, flek darah akan timbul setelah melakukan hubungan seksual saat hamil karena saat hamil serviks (leher rahim) wanita dialiri oleh lebih banyak darah dibandingkan oleh wanita yang tidak hamil, karena itu serviks wanita yang sedang hamil lebih mudah berdarah.
Infeksi saluran reproduksi oleh jamur, parasit, ataupun bakteri.
Kehamilan di luar kandungan (kehamilan ektopik).
Blighted Ovum (BO), yang merupakan suatu kelainan dimana janin di dalam rahim gagal untuk berkembang.
Infeksi saluran reproduksi oleh jamur, parasit, ataupun bakteri.

Apabila flek keluar terus-menerus disertai kram perut bawah, sangat penting untuk dikonsultasikan secara langsung dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan, guna dilakukan wawancara medis, pemeriksaan fisis, dan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan seperti ultrasonografi (USG).

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai flek ada awal kehamilan, semoga bermanfaat. Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar