Sukses

Penyebab Nyeri Perut Bawah

13 Jul 2017, 21:39 WIB
Wanita, 17 tahun.

Dokter baru-baru ini sy klo bgn tidur perut bagian bawah selalu sakit terus mau pipis. Sakitnya itu seperti rasanya perut ditekan keras. Biasanya sakitnya mulaimereda kalai ssh pipis. Itu knp yah dokter? bahaya atau tidak? apa sebaiknya diperiksakan ke dokter?

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Bagaimanakah aktivitas Anda sehari-hari? Apakah terdapat waktu spesifik saat nyeri dirasakan? Adakah pemicu munculnya nyeri, seperti gerakan tertentu? Apakah sakit perut bawah tersebut menjalar ke paha atau terpisah antara nyeri di perut bawah dengan di paha? Apakah Anda merasa panas saat buang air kecil (BAK) atau buang air besar (BAB)? Apakah terdapat gejala lain yang menyertai (perut kembung lainnya)? Apakah ada riwayat sakit seperti ini sebelumny? Bagaimana riwayat haid Anda? Apakah teratur? Apakah selalu ada keluhan nyeri saat haid?

Begitu banyak penyebab yang dapat menimbulkan keluhan nyeri perut bawah. Bagian perut bawah tersusun atas kulit, otot, jaringan lemak dan penunjang, usus besar ataupun saluran kemih. Salah satu gangguan dari organ diatas dapat menyebabkan keluhan nyeri perut bawah. Apabila nyeri tersebut berasal dari area lain, contoh: nyeri berasal dari pinggang yang menjalar ke perut; maka ada kemungkinan terdapat gangguan pada saluran kemih. Apabila disertai dengan gangguan BAB maka terdapat masalah pada sistem pencernaan. Nyeri perut bagian bawah pada wanita juga dapat dipertimbangkan adanya gangguan pada bagian kandungan. Namun, penyakit ini baru dapat didiagnosis melalui pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang.

Oleh karena itu, kami sarankan Anda melakukan konsultasi lebih lanjut secara langsung dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh secara langsung.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar