Sukses

Pilihan Obat Demam Anak

13 Jul 2017, 21:28 WIB
Wanita, 38 tahun.

Saya mau Tanya, obat apa untuk anak usia satu tahun ketika gejala pan as, batuk dan leher gatal-gatal? Terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Ada banyak pilihan obat untuk menurunkan panas atau demam baik untuk anak-anak. Namun pada umunya hanya ada tiga pilihan kandungan obat dari berbagai macam obat penurun panas yang beredar. Biasanya kandungan obat penurun panas atau demam tersebut dipakai sesuai dengan kelompok usianya. Misal anak-anak usia dibawah satu tahun, tiga tahun atau balita. Keampuhan obat penurun panas sangat bergantung dari dosis yang diberikan dan berkorelasi terhadap berat badan tubuh. Dengan berat badan yang lebih besar tentu memerlukan dosis obat penurun panas yang lebih banyak.

Yang pertama atau yang biasa dipakai oleh masyarakat umum adalah Paracetamol atau Asetaminofen. Obat ini sangat disarankan oleh WHO untuk menangani demam. Memiliki reaksi yang paling lambat dibandingkan dengan obat penurun panas lainnya tapi terbukti paling aman bagi anak-anak. Biasanya untuk anak-anak dibawah tiga tahun diberikan parasetamol berbentuk cairan. Penggunaan parasetamol bisa diberikan dalam rentan waktu 4-6 jam dalam tempo 24 jam atau sehari.

Kedua adalah Ibuprofen yang memiliki kemampuan lebih dari parasetamol. Biasanya diberikan kepada bayi yang sudah berusia diatas 6 tahun. Karena ibuprofenbersifat asam dan mudah mengiritasi lambung, jadi kandungan obat ini tidak dianjurkan untuk penderita DBD karena bisa menurunkan jumlah trombosit dalam tubuh.

Yang paling kuat khasiatnya adalah Asam Asetil Salisilat (AAS) atau biasa dipanggil Aspirin. AAS sangat tidak dianjurkan oleh anak-anak karena sifat asamnya yang sangat tinggi. Beberapa penyakit juga tidak boleh diberikan AAS, seperti DBD yang bisa menimbulkan pendarahan lebih parah. Banyak juga penderita yang mengalami luka pada lambung akibat zat asam pada AAS. AAS sudah lama ditinggalkan karena dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa AAS mempunyai efek samping seperti sindroma Reye, penyakit yang mengganggu hati, darah dan otak anak.

Jadi untuk anak-anak sebaiknya menggunakan obat penurun panas yang mengandung parasetamol atau ibuprofen. Gunakan secara selang seling setiap 4 jam sekali agar terhindar dari efek samping dari masing-masing obat yang berbeda. Untuk dosis dan cara pemakaian ada baiknya Anda terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter yang telah memeriksa Anak Anda.

 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar