Sukses

Berat Badan Anak 8 Bulan

13 Jul 2017, 20:17 WIB
Pria, 20 tahun.

Assalamualikum dok, sy mau bertnya anak saya sekrng usianya 8 bulan 2 hari beratnya cuman 6,3 kg tingginya 6,9 dia batuk sudah 1 bulan tdk mau sembuh pdahal sy sdh bawa ke puskesmas 3 kali tpi tdk ada prubahan mlahan skrng dia tdk mau makan sama skli , tolong sarannya dokter anak sy kena penyakit apa skrng ank sy tambah kurus tpi masih sangat aktif dia cumn mau minum air putih dan ASI saja, apa? Tdk papa anak saya Terimah kasih wasalam

Terima kasih telah bertanya seputar berat badan anak usia 8 bulan menggunakan fitur Tanya Dokter

Berapakah berat lahir anak Anda? Apakah jenis kelamin anak Anda? Berat badan ideal anak usia 8 bulan dipengaruhi oleh jenis kelamin. Oleh sebab itu, penting bagi kami untuk mengetahui jenis kelamin anak Anda.

Untuk melihat apakah berat badan anak Anda masih dalam batas normal atau tidak, Anda dapat menggunakan grafik berat badan menurut usia dan grafik berat badan menurut tinggi badang WHO (World Health Organisation). Mintalah bantuan petugas kesehatan dalam mengisi grafik tersebut. Anda dapat pula menggunakan health tools 'Tumbuh Kembang Anak" yang terdapat di halaman website klikdokter.

Berdasarkan kurva pertumbuhan WHO, berat badan anak laki-laki umur 8 bulan berkisar antara 6,9 kg - 10,7 kg dengan BB ideal 8,6kg dan bayi perempuan 6,2 kg - 10,2 kg dengan BB ideal 8kg. BB anak anda saat ini 7 kg baik perempuan ataupun laki-laki berat badan tersebut masih dalam rentang normal, namun batas bawah, bila pertambahan berat badan anak tidak dijaga ditakutkan berat badan anak dapat kurang.

Masalah gizi anak memang selalu menjadi topik utama bagi orangtua. Apabila anaknya tampak kurus, kekhawatiran orangtua terjadi, akankah anak mereka dapat memiliki tumbuh kembang yang sesuai atau tidak. Apabila Anda dan pasangan termasuk kurus, ada kemungkinan anak Anda mengikuti jejak Anda. Pada beberapa anak memang terlihat kurus, karena memiliki kecenderungan genetik untuk menjadi kurus. Namun, apabila setelah diperhatikan berat badannya yang menurun drastis, hal ini harus didiskusikan lebih lanjut ke dokter. Penurunan berat badan dapat merupakan salah satu gejala dari penyakit yang mendasari.

Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk menaikkan berat badan anak Anda adalah dengan memberikan makanan tinggi kalori yang sehat. Berikut adalah daftar makanan tinggi kalori yang sehat yang dapat diberikan kepada anak Anda:

· Susu: Susu, keju, yogurt, es krim, krim sup, puding

· Protein: Telur, selai kacang, sup kacang, kacang-kacangan

· Karbohidrat: Roti, makaroni dan keju, pasta, roti, pancake, kentang tumbuk, sereal

Apabila anak Anda dirasakan sudah mendapatkan cukup kalori tapi tampaknya belum mendapatkan berat badan ideal, terus bekerja sama dengan dokter untuk menemukan kondisi yang mendasari. Di sisi lain, jika anak Anda menolak untuk makan, kemungkinan ada alasan psikologis yang sebaiknya Anda diskusikan dengan ahli terapi anak.

Berikan makanan sehat, 3x makan besar, susu, dan 2 x snack setiap harinya. Makan besar terdiri atas karbohidrat, sayur, dan lauk pauk. Kandungan lauk pauk dan buah-buahan mengandung bahan-bahan diantaranya :

Vitamin C merupakan antioksidan yang kuat yang meningkatkan kekebalan dan meningkatkan kekuatan penyembuhan dalam tubuh. Buah- buahan yang mengandung vitamin C diantaranya jeruk, stroberi , brokoli, tomat, buah kiwi, bayam dan semangka.
Sayuran mengandung banyak nutrisi penting untuk sistem kekebalan tubuh. Namun sayuran cenderung tidak disukai oleh anak-anak. Beberapa sayuran yang baik meningkatkan kekebalan tubuh adalah bawang, daun bawang, brokoli, bayam, kubis dan jagung.
Zinc merupakan mineral yang sangat penting dan sering diabaikan. Mineral ini tidak hanya memperkuat sistem kekebalan tubuh, tetapi juga membantu anak-anak kita tumbuh dan berkembang. Maksimalkan asupan zinc si kecil sehingga mereka tidak hanya jarang sakit, tetapi juga memiliki konsentrasi yang lebih baik dan mengalami peningkatan perkembangan mental dan fisik mereka. Sumber makanan yang banyak mengandung zink diantaranya telur, daging merah, dan kacang-kacangan.
Protein terdiri atas asam amino. Asam amino membantu dalam produksi sel yang berperan imunitas. Jadi protein penting untuk membantu pembentukan sel-sel kekebalan si kecil. Beberapa sumber-sumber protein yang baik diantaranya adalah ayam , ikan , telur , kacang-kacangan dan kacang-kacangan .
Omega 3 berperan dalam meningkatkan aktivitas makrofag, salah satu sel yang berperan dalam imunitas. Omega 3 banyak ditemukan dalam ikan salmon dan walnut.
Untuk bayi usia 8 bulan, sudah dapat dicoba pemberian protein hewani. Apabila anak tidak menimbulkan reaksi seperti muntah atau BAB mencret, pemberian protein hewani dapat diteruskan. Timbang berat badan anak setiap bulan. Untuk melihat kesesuaiannya dapat mengacu kepada grafik berat badan menurut WHO. Stimulasi anak Anda dengan tepat agar tumbuh kembangnya dapat optimal.
Perkembangan setiap anak memang berbeda-beda. Memang, seharusnya pada usia sekitar 8 bulan, bayi sudah dapat duduk sendiri. Namun, berikan sedikit waktu terhadap anak Anda. Sembari itu, lakukan lah latihan-latihan yang ditujukan untuk memperkuat otot leher anak Anda.

 Cara yang dapat dilakukan seperti berikut ini:

Mengembangkan fungsi kontrol terhadap kepala
Latih bayi agar otot-otot lehernya kuat. Letakkan bayi pada posisi telentang. Pegang kedua pergelangan tangan bayi, tarik bayi perlahan-lahan ke arah anda, hingga badan bayi terangkat ke posisi setengah duduk. Jika bayi belum dapat mengontrol kepalanya (kepala bayi tidak ikut terangkat), jangan lakukan latihan ini. Tunggu sampai otot-otot leher bayi lebih kuat.

 Duduk
Bantu bayi agar bisa duduk sendiri. Mula-mula bayi didudukkan di kursi dengan sandaran agar tidak jatuh kebelakang. Ketika bayi dalam posisi duduk, beri mainan kecil ditangannya. Jika bayi belum bisa duduk tegak, pegang badan bayi. Jika bayi bisa duduk tegak, dudukkan bayi di lantai yang beralaskan selimut, tanpa sandaran atau penyangga.

Jika dalam beberapa bulan, tidak didapatkan kemajuan. Sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter anak Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang berat badan anak usia 8 bulan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar