Sukses

Penularan Cacar Air

13 Jul 2017, 20:09 WIB
Wanita, 29 tahun.

Saya sedang kena cacar air, sedangkan anak saya baru berumur 9bl+ belum dapat imunisasi varisella. Apakah saya sebaiknya tidak berinteraksi dengan anak saya dulu? Jika iya, sampai berapa lama? Terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Jika Anda sudah pernah terkena cacar air, umumnya Anda tidak akan tertular dari teman Anda tersebut, karena telah memiliki kekebalan dalam tubuh Anda. Hanya saja, jika Anda sedang kurang fit, suatu saat virus cacar air yang telah diam (tidur/dormant) di dalam tubuh Anda dapat reaktivasi sewaktu-waktu dan timbul sebagai cacar ular (herpes zooster).

Untuk mencegah herpes zoster yang harus dilakukan adalah menjaga daya tahan tubuh tetap baik. Pada dasarnya daya tahan tubuh seseorang berpengaruh terhadap rentan atau tidaknya seseorang untuk terjangkit sebuah penyakit. Daya tahan tubuh kita akan menjadi benteng pertahanan pertama jika ada kuman yang masuk ke tubuh kita. Semakin tinggi daya tahan tubuhnya, maka kemungkinan untuk terinfeksi akan semakin kecil. Sebaliknya jika daya tahan tubuh seseorang sedang turun, maka akan mudah terserang penyakit. Oleh karena itu sangat penting untuk selalu meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, dapat dimulai dari hal yang setiap hari kita lakukan, antara lain:

1. Tidur

Cukupkan dan jagalah pola tidur
Hindari begadang sebisa mungkin, apalagi jika Anda wanita.
Orang dewasa dianjurkan untuk tidur 7- 8 jam setiap harinya.
2. Kurangi pikiran mencekam atau stres

Hidup ini terlalu sebentar untuk Anda sibukkan dengan pikiran-pikiran negatif. Waktu yang Anda habiskan untuk berserius-ria, sebaiknya seimbang dengan waktu relaksasi Anda. Perbanyaklah berkumpul bersama orang-orang yang menyenangkan dan dapat memberikan energi positif pada diri anda sehingga dapat membantu mengurangi stres Anda.

3. Suplemen & nutrisi

Vitamin D
Beberapa suplemen juga dapat dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Vitamin D terbukti dapat meningkatkan imun tubuh seseorang, oleh karenanya mengkonsumsi vitamin D baik yang berupa suplemen atau dari sumbernya langsung seperti ikan salmon dan ikan tuna sangat baik untuk tubuh.

Vitamin C
Selain vitamin D, vitamin C juga terbukti berperan sebagai antioksidan pada tubuh kita. Mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk dan jambu biji juga dapat dilakukan.

Zinc
Selain kedua vitamin tersebut, suplemen zink juga dapat membantu mwenigkatkan daya tahan tubuh. Mineral zink sangat baik untuk menjaga kondisi saluran pencernaan kita, serta sebagian besar sistem perlindungan tubuh kita terdapat di saluran pencernaan. Jika saluran cerna bermasalah, akan memudahkan Anda untuk terserang infeksi.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar