Sukses

Timbul Benjolan Payudara Berulang

13 Jul 2017, 19:09 WIB
Wanita, 52 tahun.

Pasca operasi payudara 13 thn lalu benjolan tumbuh lg Dulu operasi giant mamae

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah bertanya seputar benjolan tumbuh kembali pasca operasi payudara menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah tumbuhnya benjolan tepat dilokasi operasi ?

Benjolan yang timbul pada payudara dan sekitarnya dapat disebabkan oleh berbagai penyebab, termasuk infeksi kulit seperti bisul, atau mengarah ke perkembangan jaringan payudara berupa tumor yang jinak maupun yang ganas. Untuk membedakannya, perlu diketahui karakteristik tumor tersebut, seperti:

  • Ukurannya, apakah semakin bertambah besar, progresivitasnya lambat atau cepat.
  • Permukaannya: licin atau berbenjol.
  • Dapat digerakkan atau tidak (menempel pada kulit).
  • Bagaimana keadaan kulit di atasnya, berkerut atau tertarik atau tidak.
  • Apakah ada rasa nyeri yang menyertai keluhan.
  • Apakah ada pembesaran kelenjar getah bening di sekitarnya (termasuk ketiak), yang umumnya dapat ditemukan saat dilakukan pemeriksaan fisis oleh dokter.

Pada wanita di bawah usia 30 tahun, penyebab tersering benjolan pada payudara adalah tumor jinak yang disebut fibroadenoma mammae (FAM). FAM merupakan gabungan antara jaringan glandula (kelenjar) dan fibrosa dan terjadi akibat adanya kelebihan hormon estrogen sehingga umumnya akan terjadi pembesaran atau pembentukan benjolan baru saat menstruasi atau hamil karena produksi hormon estrogen meningkat.

Cara paling mudah dan murah untuk mendeteksi dini kanker payudara adalah dengan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI). Pemeriksaan dilakukan pada hari ke 3 hingga ke 5 seusai haid. Pemeriksaan setelah haid karena, sebelum haid, kelenjar-kelenjar membengkak sehingga kalau diraba sering terasa seperti ada benjolan.

Dalam posisi berdiri atau berbaring, Anda dapat meraba dengan tiga jari (telunjuk, tengah, dan jari manis) secara lembut ke payudara dengan gerakan memutar. Jika ditemukan benjolan atau kerutan, bentuk payudara tidak simetris, puting tertarik ke dalam, kulit berubah seperti gambaran kulit jeruk, teraba benjolan di ketiak, atau keluar cairan dari puting, perlu diwaspadai dan segera periksakan ke dokter.

Di atas usia 35 tahun, perempuan dianjurkan menjalani mamografi atau pemeriksaan payudara dengan sinar X. Mamografi diulang tiap tahun setelah usia 40 tahun sampai menopause.

Untuk menentukan penyebab dari benjolan pada daerah sekitar payudara, dibutuhkan untuk dilakukan pemeriksaan fisis secara langsung oleh dokter. Oleh karena itu, kami menyarankan agar Anda berkonsultasi kepada dokter guna dilakukan pemeriksaan fisis secara lengkap serta pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan, agar dapat menentukan tatalaksana yang optimal.

Penyebab kondisi ini masih belum diketahui dengan pasti, namun terdapat beberapa faktor yang ditengarai berperan, seperti:

  • Genetik
  • Hormon
  • Makanan (tinggi lemak dan atau bersifak karsinogenik)
  • Radiasi.

Kami sarankan Anda memeriksakan diri Anda ke dokter spesialis bedah mengingat riwayat Anda sebelumnya. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar