Sukses

Benjolan Payudara Dan Keluar Darah Saat Hubungan

13 Jul 2017, 19:09 WIB
Wanita, 22 tahun.

Malam dok, saya mau tanya. Di payudara saya ada 2 benjolan kecil disebelah kiri, apa itu pertanda kanker payudara?? Saya juga mau tanya, saya habis melahirkan, sudah 3 bulan, tapi kenapa yaa setiap berhubungan suka berdarah.. Apakah itu normal?

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Benjolan Pada Payudara

Benjolan atau tumor pada payudara bisa berupa tumor yang jinak maupun yang ganas. Untuk membedakannya perlu diketahui karakteristik tumor tersebut, seperti:

Ukurannya, apakah semakin bertambah besar
Permukaannya: licin atau berbenjol
Dapat digerakkan atau tidak (menempel pada kulit)
Bagaimana keadaan kulit di atasnya
Apakah ada nyeri
Apakah ada pembesaran kelenjar getah bening di sekitarnya (termasuk ketiak)

Pada wanita di bawah usia 30 tahun, tumor tersebut kemungkinan besar merupakan tumor jinak yang disebut fibroadenoma mammae (FAM). FAM merupakan gabungan antara jaringan glandula (kelenjar) dan fibrosa dan terjadi akibat adanya kelebihan hormon estrogen sehingga umumnya akan terjadi pembesaran atau pembentukan benjolan baru saat menstruasi atau hamil karena produksi hormon estrogen meningkat.

Di bawah usia 25 tahun, FAM lebih sering terjadi dibandingkan kista payudara. Selain FAM, penyakit fibrokistik atau dikenal juga sebagai mammary displasia adalah benjolan payudara yang sering dialami oleh sebagian besar wanita. Pada usia muda jarang sekali didapatkan tumor ganas pada payudara kecuali Saudari memiliki riwayat keluarga dengan keganasan pada payudara, Anda perlu lebih waspada terhadap benjolan di payudara.

Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis bedah untuk wawancara medis dan pemeriksaan fisik mendetil serta pemeriksaan penunjang yang diperlukan untuk memastikan diagnosis. Dengan demikian Anda dapat memperoleh penanganan yang optimal.

 

Keluar Darah Saat Hubungan

Keluarnya darah dari vagina saat berhubungan bisa memiliki berbagai makna, dan sering diartikan sebagai robeknya selaput dara. Namun mengingat anda sudah pernah melahirkan, darah tersebut bukanlah berasal dari selaput dara yang robek. Penyebab yang masih mungkin dipikirkan adalah apabila terbentuk luka pada dinding vagina atau mulut rahim anda akibat gesekan atau gerakan yang terlalu kuat. Luka ini pula yang kemudian menyebabkan timbulnya keluhan nyeri atau perih pada vagina ketika buang air kecil. Selain itu, anda juga mengeluh buang air kecil tidak tuntas. Keadaan-keadaan ini juga bisa timbul sebagai gejala infeksi saluran kemih. Sumber infeksinya bisa berasal dari kuman vagina (mengingat
letak keduanya yang berdekatan) atau alat yang dipakai saat berhubungan (termasuk jari tangan pasangan anda).

Jika Anda sering mengalami keluhan tersebut, kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter kandungan Anda untuk evaluasi lebih lanjut.

 

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar benjolan payudara dan keluar darah saat hubungan intim. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar