Sukses

Tidur Anak Mendengkur

13 Jul 2017, 15:55 WIB
Wanita, 24 tahun.

Permisi dok... Sy ad prtnyaan.. Ank sy usia 5thn sdh 1bln ini styp tdr pasti ngorok.. Mmg bbrp kali amandelny suka radang.. Tp slma 1bln ini dy tdk mrsa sakit dibgian leher ny.. Tp kok tidur ny selalu mndengkur yah dok?? Trima kasih..

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di Klikdokter.com

Halo, kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Terdapat beberapa penyebab ngorok pada anak. Contoh penyebab dari mendengkur pada anak adalah pembesaran tonsil dan adenoid (amandel), obstruksi atau sumbatan hidung, berat badan kurang, berat badan berlebih atau obesitas. Selain itu, disebutkan juga dalam suatu penelitian bahwa terdapat hubungan antara mendengkur dengan gejala asma (alergi). Bagaimana dengan anak Anda? Bagaimana berat badannya?

Terapi yang dapat dilakukan tentu tergantung dari penyebabnya, antara lainnya adalah mengangkat tonsil dan adenoid, mengobati alergi yang dimiliki anak, dan menurunkan berat badan bagi anak dengan obesitas. Terapi CPAP dengan masker hidung adalah terapi pilihan untuk mereka yang tetap mendengkur meskipun sudah melakukan tonsilektomi.

Anda sebaiknya membawa anak Anda ke dokter spesialis anak atau THT untuk mencari penyebab mendengkurnya, apakah amandelnya kambuh lagi atau tidak, atau ada penyebab lain. Dengan demikian anak dapat diperiksa dan penyebab mendengkur dapat diketahui sehingga dapat dilakukan penanganan yang sesuai.

Demikian informasi kami sampaikan seputar tidur anak mendengkur, semoga bermanfaat.

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar